Kronologi Kecelakaan Kapal Penyeberangan Talango-Kalianget

Avatar of PortalMadura.com

PortalMadura.Com, KM Samporna Maju yang melayani Pulau Poteran, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mengalami kecelakaan laut pada Jumat (25/11/2022).

Kasi Humas Polres Sumenep AKP Widiarti S menjelaskan, itu bertolak dari dermaga Kecamatan Talango menuju Pelabuhan Kalianget Sumenep, namun pada jarak 250 meter dari dermaga, tiba-tiba rantai ramp door (pintu rampa) atau rantai penahan pintu sebelah kanan putus, sehingga kayu penahan sebelah kiri patah dan ramp door jatuh menggantung ke air laut.

“Tujuh unit sepeda motor dan 11 penumpang terjatuh ke laut pada kecelakaan kapal penyeberangan ini. Penumpang yang jatuh ke laut itu, 6 laki-laki, 4 perempuan dan satu anak perempuan usia 6 tahun. Adapun kerugian dari 7 unit sepeda motor yang hilang tercebur ke laut ditaksir mencapai Rp120 juta,” terangnya.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi pada pukul 10.00 WIB. Petugas gabungan TNI-Polri, Basarnas, BNPB menggunakan Kapal Patroli KP X-1034 dipimpin Wakapolres Sumenep Kompol Soekris Trihartono dibantu perahu rakyat bergerak cepat melakukan pertolongan dan mengevakuasi korban.

Para korban langsung dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh tim medis Puskesmas Talango dan Puskesmas Kalianget untuk tindakan pertolongan awal.

Sedangkan para penumpang kapal lainnya dan sisa kendaraan, baik roda 4 maupun roda 2 yang masih di atas kapal, juga berhasil dievakuasi ke dermaga Talango Pulau Poteran dalam keadaan aman dan selamat.

“Kasus ini dalam penanganan Sat Polairud Polres Sumenep dan Ditpolairud Polda Jatim,” pungkasnya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.