oleh

Kucing Anda Diare? Kenali Penyebab dan Cara Atasinya

PortalMadura.Com – Kucing merupakan salah satu binatang peliharaan yang lumayan banyak peminatnya. Selain lucu binatang ini biasanya juga penurut dan dekat dengan manusia. Namun siapa sangka kalau binatang lucu ini menjadi salah satu hewan yang gampang terkena penyakit, misalnya seperti diare.

Bagi Anda yang memeliharanya pasti akan merasa jijik jika si kucing terus buang air besar apalagi disembarang tempat. Solusi akhir tentunya Anda harus merawatnya dan menjaganya.

Perlu diketahui, mencret pada kucing bisa dikategorikan dalam 2 tingkatan yaitu tingkat ringan dan tingkat berat. Jika Anda ingin tetap merawat kucingnya agar tetap sehat, simak penjelasan dibawah ini:

Penyebab Kucing Diare

1. Makanan
Apakah Anda sering mengganti-ganti jenis makanan si kucing?. Kalau iya, bisa jadi itu penyebabnya, apa lagi kalau diberi makanan sisa. Ingat, kucing itu pencernaannya sensitif jadi sebisa mungkin pilih makanan yang sudah nyaman dan higienis untuk si kucing.

2. Minuman
Jangan sembarangan dalam memilih minuman untuk si kucing, salah satu faktor penyebab kucing mencret ialah karena banyak yang memberikan air minum yang tidak higienis. Tapi walau sudah diberi minuman higienis terkadang kucing juga masih minum air di luar rumah yang tidak diketahui tingkat higienis atau tidaknya. Produk susu kucing juga harus pilih-pilih karena kucing susah mencerna laktosa.

3. Iklim
Ini merupakan sebab lain dari kucing diare, ini karena pada saat iklim berganti dan membuat si kucing jadi stres. Akibatnya kondisi fisiknya ikut turun dan mudah terkena penyakit diare.

4. Stres
Seperti yang sudah dipaparkan tadi kalau kucing sedang stress, kondisi fisiknya akan menurun dan gampang terkena penyakit. Selain karena iklim, bisa juga karena pergantian pemilik atau ada orang baru di lingkungannya.

B. Penyebab kucing diare berat

1. Virus atau Bakteri
Bakteri maupun virus dapat menyebabkan si kucing terkena diare yang terus menerus. Bakteri ini biasanya Escherichia coli.

2. FIV / AIDSnya Kucing
FIV layaknya HIV bisa menular lewat luka gigitan dan lain-lain. Selain berbahaya bagi kucing, tentu bagi Anda juga berbahaya. Namun tenang, sangat jarang ditemui kucing yang terkena FIV atau Feline Immunodeficiency Virus ini.

Loading...

3. Radang pada Usus
Radang pada usus atau yang disebut dengan penyakit panleukopenia. Ini juga termasuk hal yang berbahaya, sering ditemui pada kucing yang belum divaksin. Penyakit ini dapat menyebabkan anemia, muntah-muntah dan diare yang parah pada kucing.

4. Kerusakan pada Ginjal
Hati-hati dengan yang satu ini, penyebab rusaknya ginjal pada kucing karena pemberian air minum yang kurang. Karena kucing butuh kadar air yang tinggi. Beri ia air minum yang cukup dengan diimbangi dengan makanan kering atau dry food.

Nah, dari beebrapa penjelasan diatas tentunya Anda sudah mengetahui kategori dan penyebab diare pada kucing. Lantas bagaimana cara mengobatinya?. Yuk simak ulasannya demi kesehatan kucing Anda:

Cara Mengobati Kucing Diare

1. Yogurt (hanya saat mencret)
Cobalah Anda beri dia Yogurt, kenapa?. Karena dalam Yogurt tergantung bakteri baik yaitu Lactobacillus, dimana masuk kategori non patagon. Menurut ahli kesehatan, bakteri ini baik untuk usus dan membantu pencernaan dalam tubuh. Berikan 1-2 sendok teh saja per hari.

2. Oralit Khusus Hewan
Ternyata ada juga oralit khusus hewan, oralit ini biasanya sudah tersedia di Pet Shop dekat Anda. Coba lah pergi dan tanya kepada penjualnya, kemudian tanyakan juga saran penggunaan obatnya.

3. Multivitamin
Multivitamin disini yang tentunya baik untuk kucing. Anda bisa membeli multivitamin ini di Pet Shop. Dalam cara mengobati kucing mencret, multivitamin ini juga bisa untuk pencegahan agar si kucing tidak rentan terhadap penyakit.

4. Memberi obat cacing
Coba berikan obat cacing untuk si kucing, bisa saja kucing Anda terkena cacingan. Soalnya cacing ini bisa jadi penyebab diare pada si kucing.

5. Memberikan Tempe
Ternyata tempe juga bisa mengobati penyakit diare pada kucing, beli lah tempe yang mentah dan masak. Kalau bisa direbus supaya kandungannya tidak berkurang banyak.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk kucing yang terkena penyakit. Jika Anda sudah kewalahan atau tidak mampu mengurusnya, alangkah lebih baik jika Anda segera bawa ke dokter hewan sebelum terlambat. Selamat mencoba cat lovers, semoga kucingnya kembali sehat dan lucu lagi. (kucingpedia.com/Qory)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar