oleh

Kuliner Khas Bali, Ini Cara Membuat Sate Lilit Ikan Tuna

PortalMadura.Com – Sate lilit merupakan salah satu masakan khas yang berasal dari daerah Bali. Pada umumnya makanan yang satu ini berbahan dasar ikan tuna, sangat enak apabila dipanggang bersama bumbu-bumbunya. Tidak heran apabila banyak warga sekitar atau bahkan mancanegara mencari menu ini hanya untuk ingin menikmati rasanya yang enak.

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba sate lilit Anda tidak perlu repot beli ke bali, Anda cukup membuatnya sendiri di rumah. Selain caranya yang mudah, bahan-bahanya pun mudah dijangkau. Penasaran?. Yuk simak resep dibawah ini:

Bahan-bahan:

400 gr ikan tuna
1 butir telur
5 sdm tepung tapioka/secukupnya
Batang serai atau batang bambu yang agak lebar secukupnya

Bumbu Halus:

Loading...

4 siung bawang putih
6 siung bawang merah
4 buah cabai rawit
1 cm lengkuas
1 cm jahe
1 cm kunyit
2 sdt ketumbar
1 sdt merica bubuk
garam dan gula secukupnya

Cara Membuat:

Langkah pertama, haluskan ikan tuna terlebih dahulu. Kemudian campur dengan bumbu yang sudah dihaluskan tadi, masukkan tepung dan telur. Aduk rata hingga jadi adonan agak padat.

Setelah itu, kepal-kepal adonan ke batang serai atau bambu secukupnya atau selera Anda sampai membentuk gumpalan. Kukus hingga matang kurang lebih 20 menit. Kalau sudah matang olesi sate dengan minyak. Terakhir, panggang sate hingga matang atau berubah warnanya menjadi kecokelatan.

Mudah kan membuatnya?. Jika Anda ingin rasanya lebih mantap, Anda boleh menyajikan sate lilit tuna dengan sambal matah. Dijamin rasanya akan sangat menggugah selera. Selamat mencoba. (vemale.com/Putri)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar