Kulit Anda Gelap Karena Sinar Matahari? Yuk, Manfaatkan 5 Perawatan Alami Ini

Avatar of PortalMadura.com
Kulit Anda Gelap Karena Sinar Matahari? Yuk, Manfaatkan 5 Perawatan Alami Ini
ilustrasi

PortalMadura.Com – Selesai liburan di pantai, biasanya membuat kulit jadi gelap kecokelatan. Hal ini tentu membuat sebagian wanita menjadi kurang percaya diri karena melihat kulitnya yang kusam dan kering.

Nah jika Anda mengalami permasalahan seperti ini, ada beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan kulit yang menggelap akibat terbakar jadi lebih cerah. Namun Anda perlu ingat, efek dari perawatan ini tentunya perlu waktu dan tidak serta merta menjadikan kulit lebih cerah dalam waktu singkat.

Berikut ini lima untuk mencerahkan kulit setelah liburan di pantai:

Masker Madu dan Pepaya
Pepaya mengandung enzim yang bisa membantu mencerahkan dan mengelupaskan kulit mati secara lembut. Sementara itu madu sudah dikenal khasiatnya untuk melembutkan dan menjaga elastisitas kulit.

Caranya, siapkan 1/2 cangkir buah pepaya dan 1 sendok teh madu. Hancurkan pepaya sampai halus, tambahkan madu, lalu aduk hingga membentuk pasta. Oleskan masker ini ke wajah atau bagian tubuh lain yang menggelap, kemudian diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan ini 2-3 kali seminggu.

Masker Yogurt dan Tomat
Kandungan citric acid pada tomat bekerja sebagai pencerah kulit alami. Buah ini baik digunakan jika Anda ingin mengurangi pigmentasi dan flek hitam. Yogurt, berkhasiat melembapkan, menghaluskan dan mencerahkan kulit.

Campurkan 1 sendok makan yogurt tawar dengan 1 sendok makan jus tomat, aduk hingga menjadi pasta. Oleskan campuran tersebut ke kulit dan biarkan kering selama 30 menit, lalu bilas dengan air. Untuk perawatan tubuh, bisa menambahkan campurannya sesuai yang diinginkan dengan perbandingan 1 : 1. Gunakan masker 2-3 kali seminggu.

Yogurt dan Jus Jeruk
Jeruk juga mengandung citric acid yang berkhasiat sebagai bahan ‘bleaching' alami. Kandungan vitamin C yang tinggi membantu meremajakan kulit dengan melawan radikal bebas.

Campurkan 1 sendok makan jus jeruk segar ke dalam 1 sendok makan yogurt. Campurkan sampai rata dan oleskan ke bagian tubuh yang menggelap. Diamkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Anda bisa melakukan perawatan ini setiap hari sampai kulit kembali cerah.

Susu dan Stroberi
Stroberi merupakan eksfoliator alami yang membantu menyingkirkan sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Sementara susu kaya akan nutrisi yang melembapkan kulit.

Siapkan 4-5 butir stroberi dan dua sendok makan susu tawar. Haluskan stroberi, lalu tuangkan susu dan aduk rata. Gunakan campuran stroberi dan susu ke area yang menjadi tan, diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air.

Jus Lemon dan Kentang
Jus kentang mengandung berbagai vitamin dan mineral yang membantu merawat kulit berjerawat dan menggelap karena sinar matahari.

Caranya, sediakan satu butir kentang dan satu sendok makan jus lemon. Blender kentang, kemudian saring. Campurkan jus kentang dengan jus lemon, lalu aduk. Gunakan campuran itu ke wajah dan bagian tubuh lainnya bila perlu, kemudian diamkan 30 menit.

Setelah itu, bilas dengan air dingin. Lakukan perawatan ini setiap hari sampai kulit yang menggelap kembali cerah. (detik.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.