Kulit Anda Mengelupas? Yuk Atasi dengan 5 Cara Mudah Ini

Avatar of PortalMadura.Com
Kulit Anda Mengelupas Yuk Atasi dengan 5 Cara Mudah Ini
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kulit sebagai organ tubuh terbesar memiliki berbagai fungsi. Mulai dari mengatur suhu tubuh, indera peraba sampai dengan melindungi dari efek berbahaya radiasi sinar UV. Walaupun demikian, terkadang tiba-tiba. Kenapa bisa terjadi?.

Pada dasarnya ini merupakan proses regenerasi sel-sel kulit mati, untuk digantikan dengan sel-sel kulit yang lebih sehat. Biasanya ini dibutuhkan sekitar satu bulan agar sel kulit baru itu sepenuhnya menggantikan sel kulit mati. Selain itu, kulit mengelupas juga bisa menandakan iritasi kulit akibat efek samping obat, produk perawatan wajah, atau karena penyakit tertentu.

Terlepas dari apapun penyebabnya, tidak ada satupun orang yang menyukai tampilan kulit mengelupas ini bukan?. Meski Anda tidak bisa menghentikan prosesnya begitu kulit sudah terlanjur mengelupas, Anda dapat memperbaiki kulit bersisik Anda dengan beberapa perawatan rumahan mudah untuk kembali mendapatkan kulit halus lembut bercahaya. Mau tahu?.

Berikut 5 cara merawat kulit yang mengelupas:

Kompres Air Dingin
Basahi kain bersih dengan air dingin sampai jenuh. Peras kain sehingga air tidak banyak menetes. Letakkan kain di atas area kulit yang mengelupas. Hindari menggosok keras. Diamkan kain di kulit selama lima sampai 10 menit untuk mendinginkan kulit. Setelahnya, bilas lap dengan air dingin dan kompres kembali sesuai kebutuhan.

Lumuri Susu, Bubur Oatmeal, atau Cuka Putih
Cuka putih dapat meringankan rasa sakit dan kemerahan di area kulit terkelupas, serta mencegah pengelupasan semakin parah. Oleskan cuka putih tipis-tipis langsung di area kulit yang mengelupas

Susu dapat mendinginkan kembali kulit kering yang mengelupas. Kompres kulit yang mengelupas dengan susu dingin, biarkan selama 10 menit. Asam laktat dalam susu akan membantu mengangkat serpihan kulit mati dan menghilangkan kemerahan di kulit, sementara kandungan lipidnya akan melembapkan kulit.

Alternatif lain, gunakan bubur oatmeal dingin sebagai lulur, dan diamkan selama 10 menit. Bilas bersih dengan air dingin. Oatmeal dapat melembapkan, memperbaiki, dan melindungi kulit berkait properti antiperadangannya.

Oleskan Lotion Pelembap
Sering-sering gunakan lotion pelembap kulit, terutama di tempat-tempat yang mengelupas. Oleskan pula tabir surya yang penting untuk menjaga kulit tetap lembap dan terlindungi dari sinar matahari. Namun hindari pelembap berparfum, dan pilih produk yang mengandung bahan-bahan menenangkan kulit, seperti lidah buaya dan vitamin E.

Eksfoliasi
Anda boleh melakukan eksfoliasi, namun lakukan dengan lembut menggunakan kain hangat suam kuku, satu kali sehari. Akan lebih baik jika Anda menunggu sampai sebagian besar kulit sudah mengelupas. Cukup gosokkan lap lembut secara perlahan di area kulit yang terkelupas dengan sedikit tekanan.

Jangan menggosok terlalu keras atau menggunakan alat penggosok lainnya, seperti loofah, karena ini bisa menyebabkan kerusakan lanjutan. Ulangi hingga dua kali sehari, jika diperlukan.

Jangan Dikopek atau Digaruk
Hindari godaan untuk menggaruk atau merobek kulit mengelupas. Menggaruk dapat memperburuk kondisi dan dapat menyebabkan infeksi. Gunakan gunting kecil untuk memangkas rapi kulit mati yang menjuntai lepas, jangan dikopek atau dicabut paksa. Mulai oleskan lotion pelembab yang mengandung alpha hydroxy acid ringan untuk mempercepat proses pergantian sel dan menghilangkan sisa pengelupasan kulit. (hellosehat.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.