oleh

Kunjungan ke Pamekasan, Kapolda Jawa Timur Didemo

PortalMadura.Com, Pamekasan – Sekelompok masyarakat di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, menggelar aksi demonstrasi di Jalan Kabupaten, tepatnya di simpang 3 depan SMKN 3 Pamekasan, Rabu (21/10/2020).

Massa menyambut Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol M. Fadil Imran yang hendak pulang ke Mapolda mengggunakan transportasi udara dari SMAN 3 Jalan Pintu Gerbang usai menggelar silaturrahmi dengan Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Pamekasan.

Massa menyampaikan aspirasi terkait kasus ujaran kebencian yang dilakukan akun Facebook Muhammad Izzul terhadap Ketua PCNU Pamekasan, KH. Taufiq Hasyim. Sebab, kasus yang telah mengundang kemarahan warga Nahdiyin itu sampai sekarang tidak jelas.

“Sampai hari ini orang yang telah melakukan penghinaan terhadap Ketua PCNU Pamekasan tetap dibiarkan berkeliaran di Kabupaten Pamekasan,” kata orator aksi, Taufiqurrahman Khafi dalam orasinya.

Menurutnya, pihak kepolisian terkesan membiarkan pemilik akun Facebook Muhammad Izzul, sebab kasus itu sudah sekitar 18 hari dilaporkan kepada pihak berwajib, namun sampai sekarang tidak ada kejelasan meskipun sudah dilimpahkan ke Polda Jawa Timur.

“Padahal kami sudah melakukan beberapa upaya, diantaranya melaporkan akun Facebook Muhammad Izzul dan melakukan demonstrasi ke Polres Pamekasan untuk meminta pihak kepolisian memproses kasus tersebut,” tandasnya.

Pantauan PortalMadura.Com, beberapa saat setelah aksi demonstrasi tersebut dimulai, Kapolda Jawa Timur bersama rombongan melewati Tempat Kejadian Perkara (TKP) menuju lapangan SMAN 3 Pamekasan sebelum akhirnya kembali ke Mapolda melalui jalur udara.

Saat rombongan Polda lewat, massa menyuarakan yel yel “tangkap, tangkap, tangkap, tangkap Muhammad Izzul sekarang juga,”. Setelah rombongan melewati lokasi, aksi demonstrasi membubarkan diri secara tertib dan menyampaikan terimakasih kepada Polisi dan TNI yang ada di lapangan telah memberikan kesempatan menyampaikan aspirasinya kepada Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol M. Fadil Imran.

Sebagaimana diketahui, kasus ujaran kebencian yang dilakukan akun Facebook Muhammad Izzul sebelumnya dilaporkan ke Polres Pamekasan. Namun, kasus tersebut telah dilimpahkan ke Polda Jawa Timur.

Akun Facebook Muhammad Izzul memposting berita yang dimuat NU Online yang berisi himbauan ketua PCNU Pamekasan, KH. Taufiq Hasyim agar masyarakat tidak terprovokasi dengan isu Partai Komunis Indonesia (PKI). Namun, dalam postingannya itu, Muhammad Izzul memberi caption “Memang Simpatisan PKI Sejak Dulu”.(*)

Penulis : Marzukiy
Editor : Muthmainnatul Lizamah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.