PortalMadura.com

Kuota Internet Anda Boros? Ini 6 Cara Jitu Menghematnya

  • Selasa, 3 Januari 2017 | 15:00
Kuota Internet Anda Boros? Ini 6 Cara Jitu Menghematnya
Ilustrasi
Loading...

PortalMadura.com – Bagi pengguna android paket data unlimeted biasanya menjadi andalan untuk mempermudah aktivitasnya. Misalnya pada saat mencari informasi, mendengarkan musik melalui youtube, update status di media sosial dan lain sebagainya. Tanpa disadari berlama-lama bermain ponsel tentu akan membuat paket data Anda habis.

Kehabisan paket data di saat genting adalah momok bagi para pengguna smartphone modern. Namun sayangnya, sebagian besar pengguna hanya tahu cara dasar untuk mengolah kuota paket data agar tidak cepat habis sebelum masanya.

Padahal, ada beberapa cara lain yang bisa Anda coba untuk menghemat pemakaian data internet di ponsel Android. Ingin tahu apa saja? Berikut ini 6 langkah dalam menghemat data paket :

Aktifkan Data Saver pada Browser Chrome
Peramban Chrome yang populer punya fitur penghemat daya yang praktis dan bisa diaktifkan dengan mudah, Data Saver namanya.

Caranya, buka Chrome, lalu pergi ke menu Settings > data Saver.

Begitu dinyalakan, fitur ini akan menjalankan kompresi untuk mengurangi ukuran gambar dan situs web yang dibuka di peramban. Dengan grafik akan memperlihatkan berapa besar penghematan data yang dihasilkan oleh Data Saver.

Kurangi Kualitas Streaming
Layanan streaming musik dan video seperti Spotify dan Netflix memang asyik, tapi bisa menyedot kuota dengan dahsyat kalau tidak hati-hati dipakai. Supaya tak boros data, ada baiknya mengurangi kualitas streaming sehingga ukuran file musik atau video tidak berlalu bongsor.

Baca Juga:  Inilah 5 Cara Jitu Dinginkan Smartphone yang Kepanasan

Media sosial seperti Snapchat menawarkan fungsi penghematan data bernama Travel Mode yang bisa diakses melalui menu settings. Saat Travel Mode diaktifkan, Snapchat tidak akan mengunduh konten seperti Stories di background apabila perangkat sedang terhubung ke jaringan seluler.

Hapus Aplikasi Facebook
Aplikasi Facebook diketahui bisa memboroskan baterai maupun pemakaian data, baik di Android maupun iOS. Karena, aplikasi yang bersangkutan seringkali melakukan aktivitas di latar belakang seperti notifikasi untuk chat dan lain sebagainya.

Sebagai alternatif aplikasi Facebook, Anda bisa mengunjungi laman Facebook mobile yang jauh lebih hemat data serta tak menjalankan macam-macam fungsi di background.

Matikan Sinkonisasi yang Tidak Diperlukan
Google menyediakan aneka macam layanan yang tersinkronisasi secara otomatis dengan ponsel Android Anda begitu melakukan login ke akun Google.

Tidak semua layanan ini dipakai oleh pengguna. Oleh karena itu, opsi sinkronisasi untuk layanan yang tidak digunakan sebaiknya dimatikan saja untuk menghemat pemakaian kuota secara keseluruhan. Hal ini bisa diterapkan ke akun-akun lain di luar Google.

Baca Juga:  Kenali Layar Monitor Komputer Anda dan Ini 4 Cara Perawatannya

Restrict Background Data
Ponsel Android memiliki fitur untuk membatasi pemakaian background oleh aplikasi, yakni Restrict Background Data yang terletak dalam menu Settings > Data Usage.

Saat Restrict Background Data diaktifkan, kebanyakan aplikasi hanya akan memakai koneksi data ketika pengguna sedang memakai ponsel (perangkat tidak sedang di-lock) dan terhubung ke Wi-Fi. Dalam menu yang sama, pengguna juga bisa melihat grafik berisi pemakaian data seluler dalam periode waktu tertentu yang bisa diubah rentangnya.

Simpan Musik dan Video Secara Offline
Apabila memungkinkan, unduh dan simpanlah konten secara lokal di perangkat Android. Hal ini bisa dilakukan pada layanan-layanan streaming seperti Spotify.

Melalui opsi penyimpanan musik secara offline di perangkat, Anda tidak perlu mengunduh data tiap kali akan mendengarkan musik. Fitur ini bisa dipakai untuk menghemat pemakaian data. Begitu juga dengan fasilitas offline maps di Google Maps dan YouTube Offline. Selamat mencoba ya. (kompas.com/Putri)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional