Kurangi Pekerja Anak, Ini Yang Dilakukan Disnaker Sumenep

Avatar of PortalMadura.Com
Kurangi Pekerja Anak, Ini Yang Dilakukan Disnaker Sumenep
Disnaker Sumenep

PortalMadura.Com, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur melaksanakan kegiatan Pengurangan Pekerja Anak dalam rangka mendukung Program Keluarga Harapan (PPA-PKH).

“Melalui PPA-PKH, maka secara bertahap dapat mengurangi keterlibatan anak dalam pekerjaan orang tua, terutama yang berasal dari rumah tangga sangat miskin (RTSM). Mereka harus kembali ke dunia pendidikan,” kata Sekretaris Disnaker Kabupaten Sumenep, Joko Suwarno, Kamis (23/11/2017).

Menurutnya, anak-anak tidak boleh terbebani pekerjaaan orang tua apalagi dipekerjakan dengan alasan ekonomi keluarga. “Anak-anak tidak boleh putus sekolah karena alasan apapun,” tegasnya.

Solusi yang ditawarkan , yakni para orang tua dari keluarga kurang mampu akan direkomendasikan kepada Bupari Sumenep, A Busyro Karim agar mendapatkan bantuan dalam usaha meningkatkan ekonomi keluarga.

“Kita rekomendasikan para orang tua peserta untuk mendapatkan bantuan modal atau peralatan usaha untuk meningkatkan ekonomi keluarga, sehingga tidak terjadi lagi anak bawah umur ikut bekerja,” janjinya.

Saat ini, Disnaker Sumenep sedang melaksanakan kegiatan penerima manfaat Pengurangan Pekerja Anak diikuti 40 anak berasal dari keluarga kurang mampu. Mereka tersebar di lima kecamatan. Kegiatan tersebut dimulai sejak tanggal 18-30 November 2017.

“Tiga hari kegiatan outbound di Malang dan 10 hari kegiatan peningkatan kapasitas pembelajaran dipusatkan di Sumenep,” pungkasnya.(Hartono)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.