oleh

KWB Nilai Kondisi Ekonomi di Kawasan Kaki Jembatan Suramadu Stagnan

PortalMadura.Com, Bangkalan – Komunitas Wartawan Bangkalan (KWB) menilai, kondisi ekonomi di Kawasan Kaki Jembatan Suramadu (KKJS), Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur masih stagnan (tidak aktif/tidak berjalan).

“Pasca jembatan Suramadu beroperasi hanya sektor kuliner yang menggeliat. Sedangkan bidang ekonomi yang lain tidak ada. Padahal, keberadaan Suramadu diharapkan mampu mengatrol ekonomi masyarakat,” kata Ketua KWB, M Sodiq, Minggu (26/4/2015).

Menurut dia, sudah 6 tahun jembatan Suramadu beroperasi, tapi tidak ada perubahan yang signifikan disektor ekonomi. Padahal, cita-cita awal Suramadu dibangun tidak hanya memperlancar arus lalu lintas, tetapi untuk menstimulus agar bisa mendongkrak ekonomi.

Hal tersebut disampaikan Komunitas Wartawan Bangkalan (KWB) ketika melakukan audensi dengan Anggota DPR RI, Zainuddin Amali, di balai wartawan Jalan Halim Perdana Kusuma (ring road) Bangkalan.

Ia menilai, stagnannya perekonomian di kawasan kaki jembatan Suramadu disebabkan beberapa faktor. Salah satunya Badan Pengembangan Wilayah Suramadu (BPWS) belum bekerja secara maksimal.

Buktinya, hingga kini yang rencananya akan membangun rest area dan masjid di kawasan kaki jembatan Suramadu belum terealisasi. Selain itu, pembangunan pelabuhan MISI di Kecamatan Socah, juga belum rampung.

“Seandainya BPWS sudah membangun rest area di kaki jembatan Suramadu dan pelabuhan MISI sudah dibangun oleh investor serta pemerintah, bisa dipastikan ekonomi disini bakal maju. Sehingga kesejahteraan masyarakat meningkat,” paparnya.

Menanggapi hal tersebut, Zainuddin Amali berjanji akan melakukan komunikasi dengan anggota DPR RI yang lain. Sebab, itu bukan merupakan bidangnya dalam komisi. Setelah itu akan mendesak pemerintah supaya segera membangun rest area dan pelabuhan MISI.

“Kita akan koordinas dengan Komisi V, karena mereka yang membidangi ini. Hal semacam itu (pembangunan mangkrak) jangan dibiarkan begini, kita butuh kepastian kapan pembangunannya dilaksanakan, apakah tahun ini atau tahun depan. Itu yang akan kita desak pada pemerintah,” paparnya.

Menurut Anggota Komisi III DPR RI ini, Madura mempunyai potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang luar biasa. Pertama, karakter orang madura gigih dan tangguh dan tidak banyak suku-suku lain yang mempunyai.

“SDA juga ada, meskipun tidak sebesar Kalimantan. Saya punya keyakinan bisa untuk mengentaskan kemiskinan masyarakat. Saat ini kita perlu membuat peta yang jelas mulai dari mana dengan kemampuan yang ada, dan dukungan pemerintah pusat. Saya optimis masyarakat Madura bisa maju. Apalagi Madura salah satu daerah yang basis moral masih kuat,” tandasnya.(suhul/har)



Dapatkan Aplikasi PortalMadura.com

aplikasi portal madura
Loading...
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.