Ladies, Anda Pemilik Kulit Sensitif? Gunakan 8 Bahan Alami Ini untuk Perawatan Kecantikan

Avatar of PortalMadura.com
Ladies, Anda Pemilik Kulit Sensitif? Gunakan 8 Bahan Alami Ini untuk Perawatan Kecantikan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Memiliki kulit wajah sensitif tentu membutuhkan perawatan ekstra berlebih dan perhatian khusus. Pasalnya, tidak semua produk kecantikan cocok digunakan kulit jenis ini.

Nah, cara teraman adalah dengan beralih ke perawatan alami. Namun, tidak sembarang bisa digunakan. Jadi, Anda juga perlu hati-hati memilih bahan alami untuk Anda.

Berikut delapan bahan alami terbaik untuk perawatan kecantikan:

Oatmeal
Oatmeal memiliki kandungan saponin, glikosida yang berfungsi sebagai pembersih alami. Oatmeal bisa membersihkan kulit tanpa menjadikan kulit kering. Sekaligus meredakan rasa gatal dan iritasi dengan menyeimbangkan kembali pH kulit.

Gunakan oatmeal sebagai scrub, campuran masker, atau air rendaman untuk mandi.

Teh Chamomile
Teh chamomile memiliki efek mendinginkan kulit, juga diperkaya dengan antioksidan, khasiat antiinflamasi dan antibakteri yang baik untuk . Anda bisa memanfaatkan teh chamomile sebagai toner alami.

Caranya, celupkan kapas steril ke dalam air seduhan teh chamomile yang masih hangat, kemudian usapkan pada wajah. Teh chamomile juga baik untuk dikonsumsi karena kandungan antioksidannya akan memperkuat kekebalan kulit dari dalam.

Tea Tree Oil
Tea tree oil yang terbuat dari getah pohon teh memiliki khasiat antiseptik dan antiinflamasi, efektif untuk membunuh jamur dan bakteri penyebab jerawat. Mereka yang intoleran terhadap benzoyl peroxide juga bisa menggunakan bahan ini untuk mengobati jerawat.

Madu
Madu tidak hanya berkhasiat melembapkan. Bahan alami organik yang satu ini juga memiliki khasiat antibakteri, antiinflamasi, dan antiseptik. Mencampurkan madu untuk masker, toner, dan pelembap bisa menjadikan kulit lebih lembut, bercahaya, dan awet muda.

Kunyit
Kunyit memiliki sifat antiseptik yang ampuh untuk mencegah berbagai masalah kulit. Curcumin yang dikandungnya dapat menjadikan kulit bercahaya dari dalam.

Caranya, campur kunyit dengan susu, tepung beras, madu, atau minyak biji anggur untuk mendapatkan masker yang kental dan berkhasiat.

Susu
Susu mengandung vitamin A, vitamin B, protein, dan Alpha Hidroxy Acids yang kaya manfaat namun lembut untuk kulit. Jadikan campuran masker atau toner untuk membersihkan, mencerahkan, dan meringkas pori secara alami.

Air Mawar
Rose water atau air mawar berkhasiat untuk menyegarkan kulit, melembapkan, dan menjadikannya bercahaya. Air rendaman mahkota bunga mawar ini juga bisa mencerahkan kulit secara lembut.

Minyak Biji Anggur
Menurut Dr. Allan Izikson, ahli dermatologi dari New York Dermatology Group, minyak biji anggur bisa menjadi pilihan terbaik untuk kulit yang sangat rawan alergi karena tidak mengandung bahan kimia, pewarna, atau wewangian.

Sementara antioksidan di dalamnya dapat memperlambat proses penuaan. (merdeka.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.