oleh

Ladies, Hindari 8 Kesalahan Bermakeup Ini Agar Tak Merusak Kecantikan Anda

PortalMadura.Com – Bermakeup memang merupakan salah satu kebutuhan wanita dalam mempercantik diri. Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar penampilan menjadi terlihat keren dan nyaman dipandang mata.

Akan tetapi tidak sedikit diantara para wanita yang tidak mengetahui cara yang baik dan benar dalam menghias dirinya, sehingga terjadilah kesalahan fatal yang justru bisa memperburuk kecantikan. Jadi, Anda tidak boleh mengabaikan petunjuk dan tata cara pemakaian yang baik dan benar saat berdandan. Karena, mau berdandan secantik apapun, wajah Anda tidak akan tampil mempesona apabila masih melakukan delapan kesalahan fatal ini.

Memakai Foundation dan Matte Lipstick pada Kulit Kering
Memakai foundation pada kulit kering adalah kesalahan yang fatal. Karena, sel-sel kulit yang kering dan terkelupas akan semakin tampak jelas sehingga makeup akan terlihat jelek. Begitu juga pada bibir. Meskipun sekarang matte lipstick sedang happening banget, tapi jika bibirmu sedang kering lebih baik hindari saja bila Anda tidak ingin melihat bibir Anda semakin nampak mengerikan.

Rawat dulu kulit yang kering hingga kelembabannya kembali normal. Saat kulit wajah dan bibir sudah normal kembali, maka Anda bisa bebas memakai kosmetik kesukaan Anda.

Penggunaan Waterproof Mascara Terlalu Sering
Maskara anti air atau waterproof memang praktis dan nyaman untuk digunakan. Terlebih lagi jika Anda memakainya pada saat ke kondangan, wisuda, atau saat liburan ke pantai, Anda tidak perlu lagi takut maskara meleleh atau luntur.

Namun maskara anti air ini tidak direkomendasikan untuk digunakan setiap hari. Formula anti airnya memiliki efek yang dapat membuat bulu matamu kering. Dan untuk membersihkannya, Anda membutuhkan makeup remover dimana jika intensitas penggunaannya tinggi dapat berisiko merontokkan bulu mata Anda.

Mengetes Warna Foundation atau Lipstick di Punggung Tangan
Mengetes warna produk kosmetik yang akan Anda beli adalah sebuah keharusan. Namun seringkali Anda melakukan kesalahan besar saat melakukan pengetesan. Kebanyakan Anda mengetes warna foundation atau lipstick pada bagian punggung tangan. Padahal warna kulit punggung tangan sangatlah berbeda jauh dengan kulit wajah dan bibir. Lakukanlah pengetesan sesuai dengan tempat seharusnya agar Anda tidak salah lagi saat membeli kosmetik.

Melewatkan Krim Pelembab Wajah Sebelum Bersolek
Jangan pernah remehkan fungsi dari krim pelembab wajah. Jika wajah Anda kurang lembab, riasan Anda pun jadi kurang bagus. Moisturizer berguna untuk melindungi kulit Anda dari berbagai macam bahan kimia yang terkandung di dalam kosmetik.

Loading...

Setelah mandi, jangan terlalu terburu-buru dan juga lama menggunakan moisturizer. Bila terlalu lama, kulitmu akan kering. Sedangkan bila terlalu cepat, moisturizer dapat menipiskan warna kosmetik Anda. Waktu yang tepat untuk memakai moisturizer adalah sekitar 1 – 10 menit setelah mandi.

Kosmetik yang Sudah Kadaluwarsa
Walaupun masih banyak dan sayang untuk dibuang, tidak peduli apakah kosmetik tersebut adalah brand terkenal sekalipun, namun bila sudah melewati tanggal kadaluwarsa maka jangan pernah digunakan lagi. Karena selain fungsi dan kelebihannya berkurang, kosmetik yang sudah expired dapat menimbulkan banyak masalah pada kulit. Seperti kulit iritasi dan mata iritasi. Jadi, selalu berhati-hatilah dan perhatikan tanggal kadaluwarsa dari produk kosmetik Anda.

Tidak Membersihkan Peralatan Makeup
Peralatan makeup bisa jadi sarang yang nyaman jutaan bakteri bila Anda tidak pernah membersihkannya. Itu sama saja Anda sedang menyebarkan bakteri kuman ke seluruh penjuru wajah. Bakteri-bakteri tersebut akan masuk lewat pori-pori dan akan menyebabkan jerawat.

Selain itu, menggunakan alat makeup yang kotor dapat membuat riasanmu tidak fresh seperti seharusnya. Cucilah peralatan makeup milik Anda paling tidak sebulan sekali menggunakan sabun bayi dan air hangat yang mengalir.

Memaksakan Mengikuti Tren Alis Tebal
Sekarang memang lagi booming banget alis yang tebal dan tegas. Ikutilah tren tersebut selama itu cocok. Jika Anda tidak cocok dengan alis tebal, Anda tidak perlu memaksakannya. Tidak semua bentuk wajah cocok dengan model alis yang tebal. Karena model alis yang terlalu tebal menimbulkan kesan yang sangat berat dan terlihat jadi lebih tua. Model alis yang tipis natural juga terlihat cantik kok selama itu memang sesuai dengan wajah Anda.

Jangan Pernah Lupakan Leher Saat sedang Berdandan
Ingat, Anda juga perlu membuat warna kulit leher sama dengan wajah Anda lho. Jangan sampai terjadi perbedaan warna yang mencolok antara wajah dan leher, sehingga terlihat tidak natural bahkan seperti sedang mengenakan topeng. Gunakan foundation dan bedak secara merata dari wajah hingga leher, agar makeup tidak terlihat mencolok pada bagian wajah saja.

Meskipun kesalahan-kesalahan tersebut terlihat sepele, namun jika dibiarkan terus menerus maka dampaknya pun akan buruk bagi kesehatan kulit Anda. Mulai saat ini, yuk selalu perhatikan bagaimana menggunakan makeup yang baik dan benar, agar Anda benar-benar bisa mendapatkan manfaatnya. (ledisia.com/Putri)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar