Ladies, Ini 5 Cara Jaga Kelembapan Kulit Saat Puasa Ramadan

Avatar of PortalMadura.com
Ladies, Ini 5 Cara Jaga Kelembapan Kulit Saat Puasa Ramadan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Selama menjalankan ibadah puasa Ramadan, kulit rentan mengalami dehidrasi karena kekurangan cairan. Akibatnya, kulit terlihat lebih kering sampai bersisik, yang terkadang diikuti rasa gatal sehingga bisa membuat penampilan kurang maksimal dan tidak percaya diri.

Nah untuk mengatasinya, ubah sedikit rutinitas merawat kulit. Mulailah dengan memerhatikan asupan makanan hingga memilih produk perawatan yang tepat.

Untuk itu, berikut ini lima cara menjaga kelembapan kulit selama puasa Ramadan:

Perbanyak Vitamin
Vitamin punya banyak manfaat, termasuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin A dan B berkhasiat mencegah kulit kering. Kekurangan vitamin B bisa memicu munculnya kerutan sampai penuaan dini. Sebagai pencegahan, selalu penuhi asupan vitamin A yang banyak terdapat pada sayuran hijau dan vitamin B yang terkandung pada biji-bijian utuh dan daging.

Konsumsi juga vitamin C dan E. Vitamin C akan membuat kulit lebih bersinar sedangkan vitamin E membantu proses regenerasi kulit.

Penuhi Asupan Air
Konsumsi delapan gelas air sehari wajib dipenuhi saat sedang berpuasa. Kekurangan air akan menyebabkan tubuh lemas dan kulit kering. Kandungan air yang cukup dalam tubuh akan menjaga kulit tetap elastis dan tampak muda. Tambah cadangan air dalam tubuh dengan mengonsumsi buah-buahan yang kaya kandungan air seperti semangka, jeruk, dan nanas.

Kurangi Kafein dan Soda
Minuman berkafein bersifat diuretik atau mendorong produksi air seni. Akibatnya, tubuh berisiko mengalami dehidrasi. Selain itu, kafein akan menyerap asupan mineral dalam tubuh. Minuman bersoda juga punya efek yang sama. Padahal, kekurangan mineral dalam tubuh akan menyebabkan kulit kering. Maka dari itu, kurangi konsumsi kafein dan soda selama berpuasa.

Baca Juga: Ladies, Lakukan 5 Cara Ini Agar Kulit Sehat Selama Puasa

Selalu Gunakan Pelembap Sehabis Mandi
Pelembap wajib digunakan setiap hari, terutama di bulan Ramadan. Tidak hanya digunakan di area wajah, tapi juga di seluruh tubuh. Sebaiknya, gunakan pelembap secara rutin setiap habis mandi karena penyerapan kulit bekerja paling maksimal seusai mandi. Banyak jenis dan kandungan pelembap yang tersedia di pasaran. Salah satunya, body milk dengan kandungan lemak dan protein yang menjaga kulit tubuh tetap lembap.

Untuk kulit wajah, selalu sediakan facial mist setiap kali bepergian meski sudah menggunakan pelembap. Semprotkan facial mist ketika kulit dirasa kering.

Kurangi Riasan
Hindari riasan tebal selama bulan Ramadan. Kulit yang dehidrasi dan terpapar cuaca panas rentan memicu masalah kulit seperti jerawat. Cukup gunakan riasan wajah ringan berbahan dasar air dan hindari riasan berbahan dasar minyak karena berpotensi menyumbat pori-pori kulit. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan krim BB dan lip balm.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.