Ladies, Ini 5 Khasiat Antioksidan bagi Kecantikan Kulit

Avatar of PortalMadura.Com
Ladies, Ini 5 Khasiat Antioksidan bagi Kecantikan Kulit
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat ini banyak produk kecantikan atau perawatan kulit yang mengklaim mengandung . Mulai dari face wash, krim mata, bahkan body lotion. Karena kandungan antioksidan dipercaya bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Namun tahukah Anda, sebenarnya kerusakan seperti apa yang bisa diatasi dengan antioksidan? Berikut ini ulasannya:

Mengurangi Kerutan dan Garis Halus
Kandungan antioksidan akan mudah sekali Anda temukan pada produk-produk perawatan kulit yang memiliki klaim antiaging. Sebenarnya sih, kecil sekali kemungkinan kerutan dan garis halus yang sudah terbentuk untuk benar-benar hilang.

Namun, antioksidan dipercaya mampu memperbaiki struktur kulit, sehingga kulit akan lebih plump dan tampak lebih muda. Jenis antioksidan yang ampuh mengatasi masalah kerutan dan garis halus yaitu vitamin E, coffee berry, dan resveratrol.

Anti Inflamasi
Inflamasi merupakan salah satu musuh utama kulit. Kondisi ini bisa disebabkan oleh faktor internal, di antaranya makanan yang dikonsumsi, stres, serta merokok dan beberapa gaya hidup buruk lainnya. Selain internal, masalah kulit ini juga dapat dipengaruhi oleh faktor eksternal, seperti paparan sinar UV dan juga polusi udara.

Jika sudah mengalami inflamasi, Anda pun akan rentan mengalami beberapa masalah kulit. Contohnya saja, breakout, rosacea, serta kulit yang megendur dan kekusaman. Antioksidan seperti teh hijau dan alpha lipoic acid dipercaya mengurangi dampak buruk inflamasi dengan cara meningkatkan sirkulasi metabolisme sel kulit.

Meminimalisir Kerusakan Akibat Sinar Matahari
Meskipun memiliki manfaat untuk kulit, paparan sinar UV yang berlebih dapat menimbulkan kerusakan pada kulit, seperti terbakar, kering, dan mudah berkeriput. Untuk mengatasi hal ini, butuh antioksidan yang dapat menstimulasi peredaran darah, sehingga regenerasi sel akan berlangsung lebih cepat.

Resveratrol merupakan jenis antioksidan yang biasa ditemukan dalam anggur merah. Kandungan ini dipercaya mampu melindungi kulit dari sinar UVA. Tidak hanya itu, antioksidan dari vitamin C dan E juga dapat mencegah kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Mengatasi Masalah Jerawat
Radikal bebas dalam tubuh, dapat ‘mencuri' elektron dari sel kulit yang sehat. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, salah satunya jerawat. Dengan menggunakan skin care yang memiliki kandungan antioksidan, radikal bebas akan berhenti mengganggu sel kulit yang sehat sekaligus mencegah racun-racun untuk terserap lebih dalam ke kulit.

Selain mencegah pembentukan jerawat, antioksidan juga membantu mengurangi tampilan bekas jerawat berkat kemampuannya dalam memperbaiki struktur kulit.

Meratakan Warna Kulit
Kulit yang tadinya mulus bisa menjadi tidak rata warnanya akibat paparan matahari, pertambahan usia, atau bekas jerawat. Jika masalah ini mengurangi rasa percaya diri, Anda bisa merawatnya dengan skin care yang memiliki kandungan antioksidan seperti vitamin C, niacinamide, atau green tea.

Ketiga kandungan tersebut sudah terbukti memiliki kemampuan untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit wajah. (vemale.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.