Ladies, Ini 5 Tips Jitu Agar Tubuh Tak Tambah Gemuk Saat Puasa

Avatar of PortalMadura.Com
Ladies, Ini 5 Tips Jitu Agar Tubuh Tak Tambah Gemuk Saat Puasa
ilustrasi (kesehatanjasmani.id)

PortalMadura.Com memiliki banyak manfaat kesehatan bagi . Jika dijalankan dengan baik dan benar, puasa juga bisa menjadi sarana untuk menurunkan berat badan. Namun, ternyata sebagian orang justru mengalami peningkatan berat badan di bulan puasa.

Peningkatan berat badan ini disebabkan oleh pola makan yang salah saat sahur dan juga berbuka. Meskipun sedang berpuasa rupanya makan-makanan sehat tetap harus diperhatikan. Pemilihan jenis menu makanan dan banyaknya makanan yang masuk ke dalam tubuh juga tetap harus diatur.

Berikut lima cara yang bisa Anda ikuti agar berat badan tidak meningkat saat sedang berpuasa:

Jangan Pernah Melewatkan Makan Sahur
Tidak sahur, selain membuat Anda tidak berenergi saat beraktivitas juga akan membuat Anda makan banyak saat berbuka nantinya. Konsumsilah banyak protein saat sahur agar bisa kenyang lebih lama. Jangan makan terlalu sedikit dan jangan pula terlalu banyak.

Perbanyak Konsumsi Air Putih Saat Sahur dan Berbuka
Minum setidaknya 2 gelas air putih saat pertama berbuka atau sebelum makan-makanan berat. Selain menjaga tubuh agar terhidrasi dengan baik, ini juga akan mencegah Anda makan terlalu rakus.

Atur Porsi Makan dengan Sebaik Mungkin
Jangan ‘balas dendam' saat buka puasa. Berhentilah segera setelah Anda merasa kenyang. Karenanya, sangat disarankan berbuka puasa dengan air putih dan makanan ringan dulu seperti takjil untuk mengganjal perut.
Setelah itu, jalankan ibadah salat Magrib dan barulah bersantap dengan makanan berat saat berbuka puasa.

Sebisa Mungkin Hindari Makan-Makanan Berat Sebelum Tidur
Hal ini akan menumpuk menjadi lemak jika setelah makan Anda langsung tidur. Setidaknya beri jarak 3 jam untuk makan sebelum tidur malam.

Jangan Jadikan Puasa Sebagai Alasan Anda untuk Malas Bergerak atau Beraktivitas
Olahraga kecil seperti jalan-jalan pagi harus tetap dilakukan. Hal ini juga akan membantu membakar kalori. (vemale.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.