Ladies, Ini 6 Manfaat Bunga Calendula bagi Kecantikan Kulit

Avatar of PortalMadura.com
Ladies, Ini 6 Manfaat Bunga Calendula bagi Kecantikan Kulit
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu bunga hias yang populer di dunia yaitu calendula atau biasa disebut pot marigold. Bunga dengan warna cerah ini selain dijadikan bunga hias ditaman atau di pekarangan rumah juga banyak digunakan sebagai campuran bahan produk kecantikan.

Toner, krim, hingga produk perawatan rambut merupakan produk kecantikan dari calendula. Sehingga bisa dikatakan jika ini mempunyai banyak manfaat bagi kecantikan. Lantas apa saja manfaatnya?

Berikut ini ulasannya:

Mencegah Penuaan Dini
Kulit kering bukan cuma tidak sedap dipandang, tetapi juga bisa menyebabkan penuaan dini. Calendula dengan sifatnya sebagai penyembuh alami bisa menghidrasi kulit dengan baik.

Calendula menyembuhkan kulit yang rusak dan membuatnya terlihat lebih muda dan lembut. Herbal yang satu ini cukup aman untuk digunakan pada area sensitif di sekitar mata yang sembap. Bisa juga digunakan untuk mengobati ruam.

Menyembuhkan Kulit yang Teriritasi dan Terluka
Karena sifat anti peradangan yang dimilikinya, ramuan calendula sering digunakan dalam obat-obatan untuk menyembuhkan ruam, kulit terbakar, luka kecil, goresan, gigitan serangga dan iritasi kulit ringan lainnya.

Calendula juga mengandung sifat regeneratif alami, yang menjadikannya obat sempurna untuk luka ringan dan luka. Menerapkan mahkota calendula yang ditumbuk pada bibir pecah-pecah akan menjadikannya lebih lembut dan lentur.

Mencegah Jerawat
Selain kandungan anti inflamasi, calendula juga memiliki sifat anti bakteri. Kandungan tersebut akan membantu membersihkan bakteri di pori-pori kulit.

Seperti diketahui bersama, sebum dan kotoran yang terjebak di pori-pori akan menjadi sarang kuman. Kuman-kuman inilah yang kemudian menjadi biang keladi jerawat.

Melembapkan kulit yang sangat kering
Sari calendula merupakan obat yang efektif untuk kulit kering. Jika diusapkan pada kulit secara teratur akan menjadikannya lebih bercahaya dan tampak lebih muda. Karena itulah calendula sangat populer sebagai bahan toner dan campuran krim untuk wajah.

Mengatasi Infeksi Akibat Jamur
Satu lagi keistimewaan calendula yaitu herbal ini memiliki sifat anti jamur. Tidak hanya ampuh melawan bakteri penyebab jerawat, calendula juga cukup efektif untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh kurap dan kutu air.

Foot spa dengan campuran minyak esensial calendula juga bisa menjadikan kaki lebih sehat, halus, dan bebas jamur.

Menenangkan Kulit yang Mengalami Dermatitis
Calendula dapat mencegah terjadinya dermatitis yang disebabkan karena paparan terapi radiasi.

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak dan bayi pun bisa mendapatkan manfaat alami dari calendula. Salep dengan kandungan calendula cukup efektif dalam mengobati ruam akibat pemakaian popok pada bayi.

Itulah aneka manfaat calendula untuk kecantikan kulit, wajah, dan tubuh. Anda bisa mendapatkan khasiat dari bunga berwarna cerah ini dengan mengolah mahkotanya menjadi toner, face mist, atau scrub. (merdeka.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.