oleh

Ladies, Ini 9 Bentuk Puting Payudara dan Gejala Kanker yang Perlu Anda Ketahui

PortalMadura.Com – Bagi wanita, payudara merupakan salah satu organ intim yang perlu dijaga kesehatannya. Dengan bentuk dan ukuran tubuh yang berbeda, maka berdampak pada bentuk puting payudara wanita.

Oleh karena itu, disebabkan beberapa faktor maka bentuk puting payudara wanita juga berbeda-beda. Nah, ini beberapa bentuk puting payudara yang perlu wanita ketahui. Penasaran?

Berikut penjelasannya:

Menonjol
Puting yang menonjol cenderung mengarah ke luar dan seringkali terangkat beberapa milimeter. Saat cuaca dingin , puting susu bisa mengeras. Areola merupakan area kecil berwarna merah muda, yang melingkari puting susu.

Ketika puting menonjol, hal ini akan sangat terlihat, puting susu dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada pakaian dan pilihan pakaian dalam Anda, tergantung pada tingkat keparahan menonjol pada puting.

Rata
Puting pipih kurang menonjol dan seringkali seluruh puting menyatu ke dalam areola. Alih-alih menonjol, mereka terlihat benar-benar datar walaupun cuaca sedang dingin atau sangat dingin.

Benjolan Kecil
Benjolan kecil mungil pada areola Anda benar-benar normal dan dapat ditemukan di semua puting. Mereka disebut kelenjar Montgomery dan kadang-kadang muncul. Benjolan kecil tersebut dapat memengaruhi kepercayaan diri Anda jika Anda merasa mereka sangat terlihat.

Bengkak
Ketika areola bengkak, hal ini biasanya disebabkan oleh jaringan berlebih di area areola yang didapat secara turun temurun atau sebagai akibat dari perubahan hormon selama pubertas. Ini juga merupakan tanda peningkatan kadar hormon yang terjadi pada kehamilan atau hanya selama siklus menstruasi Anda.

Loading...

Berbulu
Semua wanita, dan pria, memiliki rambut halus di areola dan bervariasi warnanya, ketebalan, dan tekstur untuk masing-masing. Rambut dapat dipengaruhi oleh etnis, dan kadang-kadang wanita hamil rambut halusnya menjadi gelap, menebal atau tumbuh. Tenang, semua ini normal pada payudara. Perubahan hormon seperti memulai pil kontrasepsi baru juga dapat menyebabkan rambut tumbuh di sekitar puting susu.

Terbalik
Dengan puting terbalik, puting masuk ke dalam, bukannya keluar. Jika Anda memilikinya, ini tidak perlu dikhawatirkan. Tapi pastikan untuk waspada terhadap perubahan mendadak dan tidak terduga pada posisi puting susu misalnya jika kelihatan cekung atau berputar ke dalam.

Baca Juga: Perda Wajib Lampirkan Ijazah Madin Pada Persyaratan Masuk SMP Ditolak Pemprov Jatim

Besar
Puting hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, tetapi tidak ada yang namanya “terlalu besar” atau “terlalu kecil” ketika mengenai payudara Anda. Masih sepenuhnya normal dan ukuran tidak perlu dikhawatirkan.

Kecil
Sama halnya, Anda juga merasa seolah-olah puting Anda sangat kecil dan tidak sebanding dengan ukuran atau bentuk payudara Anda. Tapi itu benar-benar normal dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Benjolan Tidak Normal
Benjolan di puting susu, payudara dan ketiak, dalam bentuk atau ukuran apa pun harus diperiksa oleh dokter. Selain itu, jika salah satu dari puting tiba-tiba menjadi masuk ke dalam, segeralah membuat janji dengan dokter Anda karena itu bisa menjadi gejala kanker.

 


Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: okezone.com
whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar