Ladies, Kenali 5 Hal Penyebab Kulit Dehidrasi

Avatar of PortalMadura.com
Ladies, Kenali 5 Hal Penyebab Kulit Dehidrasi
Ilustrasi

PortalMadur.Com – Mengalami masalah menjadikan seseorang menggunakan produk yang bersifat melembabkan. Padahal itu salah kaprah karena sebenarnya berbeda antara kulit kering dan kulit dehidrasi.

Kulit dehidrasi butuh produk yang bersifat hydrating. Sehingga memenuhi kebutuhan cairan pada kulit. Selain itu, Anda juga perlu tahu apa saja yang menyebabkan kulit dehidrasi. Penasaran?

Berikut ini penjelasnnya:

Kandungan Produk yang Terlalu Keras
Hati-hati, produk skin care yang seharusnya menutrisi justru dapat menjadi bumerang dan memberikan dampak buruk bagi kulit! Hal ini bisa terjadi bila Anda menggunakan produk skin care dengan kandungan bahan kimia yang sifatnya terlalu keras, sehingga bisa mengangkat minyak alami pada kulit, membuat kulit menjadi lebih rapuh, dan mudah kehilangan cairan. Selain akibat produk yang digunakan, terlalu sering mencuci wajah dan terlalu sering melakukan eksfoliasi juga dapat menyebabkan kulit dehidrasi.

Diet dan Gaya Hidup
Apa yang Anda konsumsi juga dapat berdampak bagi kesehatan kulit. Ada beberapa minuman (alkohol dan kopi) dan obat-obatan yang bersifat diuretik yang bisa menyebabkan naiknya laju pembentukan urin. Jika tidak diimbangi dengan konsumsi air putih yang cukup, tubuh dan kulit akan mengalami dehidrasi. Selain itu, konsumsi makanan yang memiliki kandungan garam berlebih juga dapat meningkatkan risiko dehidrasi.

Baca Juga: Ini Identitas Maling Motor Yang Ditangkap Warga Blega Bangkalan

Pertambahan Usia
Seiring dengan pertambahan usia, terjadi perubahan struktur pada kulit Anda. Salah satunya yaitu kulit menjadi mudah mengalami dehidrasi. Aktivitas kelenjar minyak, yang berfungsi untuk menghidrasi kulit, akan berkurang saat usia Anda bertambah. Akibatnya, kemampuan kulit untuk mempertahankan hidrasinya pun akan berkurang dan berujung pada dehidrasi.

Kebiasaan Mandi Air Hangat
Mandi menggunakan air hangat memang menyenangkan karena membuat tubuh terasa nyaman dan lebih rileks. Sayangnya, kebiasaan ini bisa menyebabkan kulit Anda mengalami dehidrasi. Suhu air yang terlalu panas bisa mengangkat lapisan minyak pelindung pada kulit dan membuat kulit mudah kehilangan cairannya. Untuk mencegah hal ini, pastikan suhu air mandi Anda tidak lebih dari hangat suam-suam kuku. Jangan lupa juga untuk segera menggunakan lotion setelah mandi untuk mengunci kelembapan kulit.

Cuaca dan Lingkungan
Tinggal di wilayah berangin? Atau, menghabiskan banyak waktu di ruangan ber-AC? Dua faktor tersebut menjadi contoh lingkungan yang bisa menyebabkan kulit mengalami dehidrasi. Hal ini bisa semakin parah bila kerap terpapar cahaya matahari, atau berpindah tempat dari suhu yang tinggi ke suhu yang rendah. Untuk mencegah terjadinya kulit dehidrasi akibat cuaca dan lingkungan, Anda bisa menggunakan humidifier, lotion,atau face mist.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.