Ladies, Kenali Perbedaan Makeup Waterproof dan Water Resistant

Avatar of PortalMadura.com
Ladies, Kenali Perbedaan Makeup Waterproof dan Water-Resistant
Ilustrasi

PortalMadura.Com sekarang ini menjadi incaran banyak orang untuk membuat dandanan atau riasan lebih tahan lama dan tidak mudah luntur. Apalagi saat ingin menghadiri suatu acara penting atau aktivitas di luar ruangan yang membutuhkan penampilan terus kece.

Selain makeup waterproof, ada istilah lain yang disebut dengan makeup . Fungsinya sama yaitu menghasilkan riasan wajah yang awet. Lantas, apa perbedaan keduanya dan bagaimana memilih produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan serta kondisi kulit?.

Jika penasaran, yuk simak penjelasannya berikut ini:


Meski keduanya menawarkan klaim yang sama, yaitu menghasilkan makeup yang tahan lama meski terkena air atau keringat, ternyata makeup waterproof dan water-resistant memiliki perbedaan, baik dari sisi ketahanan, kandungan dan formula yang digunakan. Nah, sebelum bisa memilih produk yang tepat untuk dipakai, ada baiknya untuk membahas terlebih dahulu mengenai perbedaan keduanya.

Makeup waterproof adalah makeup yang bisa bertahan meski digunakan untuk aktivitas di air dan sama sekali tidak akan luntur. Sedangkan untuk makeup yang menawarkan klaim water-resistant memiliki kandungan dan formula yang lebih ringan sehingga akan lebih mudah dihapus. Selain itu, dalam kondisi tertentu misalnya terkena air dan tergosok, makeup dengan formula water resistant akan bisa hilang dan masih membutuhkan touch-up.

Karenanya bila harus menghadiri acara penting atau akan berlibur ke pantai maupun waterpark, Anda bisa mengandalkan makeup yang menawarkan klaim waterproof. Sedangkan untuk pemakaian sehari-hari, Anda tidak perlu menggunakan makeup waterproof karena kandungan di dalamnya tidak dianjurkan untuk digunakan setiap hari dan menggunakan makeup water-resistant sebagai alternatifnya.

Berdasarkan ketahanannya, makeup waterproof bisa lebih tahan lama dibandingkan dengan makeup yang water resistant karena harus menggunakan makeup remover untuk menghapus atau menghilangkannya. Makeup waterproof dibuat menggunakan beberapa kandungan yang dikenal dapat membantu agar makeup bisa lebih tahan lama dan tidak luntur bila terkena air atau keringat.

Kandungan yang pada umumnya ada pada kosmetik yang waterproof adalah dimethicone, yang merupakan salah satu bentuk dari silikon. Dimethicone dalam produk kecantikan membantu membuat wajah menjadi lebih halus karena dapat mengisi pori-pori sehingga tampilan makeup akan lebih flawless.

Namun, masih banyak orang menganggap bahwa kandungan dimethicone dalam sebuah produk kecantikan dapat memberikan efek negatif karena membuat kotoran ikut tersumbat di dalam pori-pori yang kerap berujung pada jerawat. Hal ini lantas menjadi kontroversi apakah dimethicone aman untuk digunakan, serta harus dihindari khususnya bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, acne-prone dan juga pori-pori besar.

Namun hal ini tidak sepenuhnya benar, karena belum ada bukti penelitian secara rinci mengenai efek buruk (dimethicone) silikon dalam produk makeup, meski pada sebagian orang kandungan silikon pada makeup bisa memberi pengaruh pada timbulnya jerawat. Yang terpenting, apapun kandungan dalam sebuah produk, ada baiknya untuk menggunakan dengan cara yang tepat dan pastikan kadarnya masih dalam batas aman.

Memilih Produk yang Tepat Sesuai Kebutuhan dan Kondisi Kulit

Dilihat dari kandungan dan formula yang digunakan, produk kecantikan dengan klaim water-resistant memiliki formula yang lebih ringan dibandingkan dengan kandungan yang terdapat dalam makeup waterproof. Menawarkan klaim yang sama, keduanya tentu bisa Anda lakukan saat membutuhkan riasan yang flawless meski tanpa touch-up. Agar kulit tetap sehat, Anda perlu memerhatikan aturan dalam menggunakan makeup yang menawarkan klaim tahan lama ini, khususnya untuk makeup waterproof.

Baca Juga : Penting! Lakukan 5 Hal Ini Saat Gunakan Maskara Waterproof

Kandungan dimenthicone yang berpotensi menyumbat pori-pori bisa menjadi salah satu alasan mengapa Anda tidak perlu menggunakannya setiap hari agar tidak menimbulkan masalah kulit seperti jerawat dan komedo. Saat butuh menggunakan makeup waterproof atau water-resistant, pastikan setelahnya Anda membersihkan wajah dengan benar dan menggunakan cleanser maupun makeup remover yang tepat untuk memastikan tidak ada sisa makeup atau kotoran yang masih tertinggal di dalam pori-pori dan menjaga wajah tetap sehat terhindar dari masalah.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.