Ladies, Kenali Tanda-tanda Vagina Anda Sehat

Avatar of PortalMadura.com
Ladies, Kenali Tanda-tanda Vagina Anda Sehat
ilustrasi

PortalMadura.Com – Pada dasarnya, kaum hawa tidak hanya diharuskan untuk memerhatikan rambut, wajah, dan kulitnya saja. Namun, salah satu perawatan lain yang tidak boleh luput dari perhatian mereka dalah vagina atau miss v.

Wanita harus menyadari bahwa vagina memang sangat perlu untuk mendapatkan perawatan khusus, karena area tersebut diketahui lembap yang memudahkan kuman berkembang biak. Selain itu, vagina juga berhubungan dengan organ reproduksi wanita. Jadi, merawat vagina agar tetap sehat sangat penting dilakukan.

Kondisi vagina yang tidak sehat tentu dapat mengganggu kenyamanan wanita. Lantas, seperti apa ciri-ciri vagina yang sehat?.

Berikut ini :

Kelembapan
Vagina yang normal bisa dinilai dari tingkat kelembapannya. Terasa hangat dan tidak kering adalah salah satu ciri vagina sehat. Kelembapan ini pula yang membuat sperma bisa bertahan hidup lebih lama di dalam vagina, setelah terjadi ejakulasi. Vagina kering biasanya dialami oleh wanita yang sudah menopause.

Bau
Vagina yang sehat tidak mengeluarkan bau menyengat. Bau tidak sedap pada vagina bisa merupakan ciri-ciri vagina yang terinfeksi bakteri atau jamur. Vagina yang terinfeksi juga menimbulkan keluhan lain, seperti gatal, perasaan terbakar pada vagina, dan keluar cairan kental berwarna hijau atau kekuningan dari vagina.

Cairan Kental Berwarna Putih
Jika tidak disertai keluhan lain (seperti perubahan warna keputihan menjadi hijau, gatal, dan rasa terbakar pada vagina), keputihan pada vagina merupakan hal normal. Selain itu, keputihan biasanya timbul saat mendekati waktu haid sampai beberapa hari haid. Namun, jika sudah diikuti oleh keluhan lain, maka keputihan tersebut bisa disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur.

Jika vagina mengalami keluhan gatal, Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Ini penting untuk mencari tahu penyebab keluhan tersebut secara pasti. Jika tidak diatasi, keluhan ini akan menimbulkan iritasi pada vagina. Vagina yang mengalami iritasi akan menyebabkan bakteri mudah masuk, sehingga menyebabkan infeksi.

Baca Juga: Stop, Jangan Lakukan 6 Hal Ini Jika Ingin Miss V-mu Tetap Sehat

Supaya vagina senantiasa sehat, Anda perlu melakukan beberapa perawatan. Pertama, Anda dapat menggunakan sabun khusus vagina hanya untuk bagian luar area vagina. Jangan membersihkan hingga ke area dalam, karena bisa mengganggu flora normal di vagina. Kedua, gunakan celana dalam yang berbahan katun untuk menjaga kelembapan vagina.

Ketiga, jika menggunakan pantyliner, maka Anda perlu menggantinya setiap 3-4 jam sekali. Terakhir, saat mencuci vagina, Anda perlu melakukannya dari arah depan ke belakang. Hal ini penting, agar bakteri tidak masuk kembali ke dalam vagina.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.