oleh

Ladies, Lakukan 5 Hal Ini Ketika Memasuki Bulan Ramadan

PortalMadura.Com – Sebentar lagi seluruh umat Muslim di seluruh dunia akan memasuki bulan yang sangat mulia yaitu bulan Ramadan. Di bulan ini pula terdapat satu malam yang sangat di tunggu-tunggu yaitu malam turunnya Alquran.

Banyak persiapan yang harus dilakukan umat Muslim sebelum datangnya bulan Ramadan. Salah satunya yaitu menyiapkan mental dan fisik, karena di bulan ini umat muslim yang sudah memenuhi syarat harus berpuasa dan melakukan ibadah lainnya, yang memerlukan kekuatan fisik.

Terutama bagi kaum perempuan, Ramadan menjadi bulan yang membuat mereka harus lebih ekstra dalam melayani kebutuhan keluarga selama Ramadan. Seorang ibu memegang peranan penting untuk membantu anak-anak memahami apa itu Ramadan. Ibu juga perlu mengatur aktivitas dan mempersiapkan segala sesuatunya terkait dengan menyiapkan hidangan berbuka dan juga sahur.

Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan oleh muslimah ketika menghadapi Ramadan:

Berdoa
Berdoalah agar Allah memberi Anda berkah pada waktu yang Anda lalui. Jangan memaksakan sesuatu yang tidak bisa Anda lakukan.

Jangan menaruh harapan yang sangat tinggi yang tidak mungkin Anda buat, selalu pastikan Anda bukan perempuan super. Buatlah rencana realistis yang sejalan dengan kemampuan, tanggungjawab dan keadaan diri Anda.

Loading...

Sederhanakan Hidangan
Jangan membanjiri diri Anda dengan daftar makanan yang harus Anda siapkan setiap hari pada saat berbuka puasa. Pastikanlah makanan yang bergizi dan mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh keluarga.

Siapkan Dapur
Persiapkan bahan makanan yang berbeda untuk hidangan sebelum masuk Ramadan. Sehingga, ketika Ramadan tiba, Anda tinggal melakukan tahap akhir saja.

Misalnya, Anda bisa mempersiapkan sejumlah besar bawang, bawang putih dan saus tomat. Selain itu, Anda bisa mencuci dan membumbui daging dan ayam serta minuman yang bisa disimpan di kulkas.

Buat Jadwal Aktivitas Anda
Merencanakan aktivitas meminimalisir kegiatan yang mungkin tidak benar-benar Anda perlukan. Buat perencanaan atau jadwal janjian atau kunjungan Anda, jelaskan kepada keluaraga dan teman-teman bahwa Ramadan merupakan waktu istimewa bagi Anda.

Terangkan kepada mereka bahwa Anda lebih suka meluangkan waktu untuk berdoa dan ibadah. Anda dapat menunda pertemuan dan tugas serta melakukannya setelah selesai melaksanakan ibadah Ramadan.

Jaga Kesehatan
Tidur yang cukup sangat membantu Anda untuk bisa lebih segar dan siap mengerjakan berbagai tugas. Dengan istirahat yang cukup dan menjalankan pola hidup sehat, kesehatan tubuh Anda bisa lebih terjaga. (okezone.com/Desy)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar