Lakukan 5 Cara Ini Untuk Hilangkan Memar di Tubuh

Avatar of PortalMadura.Com
Lakukan 5 Cara Ini Untuk Hilangkan Memar di Tubuh
Ilustrasi

PotalMadura.Com – Memar memang bisa terjadi pada siapa saja dan di bagian tubuh mana saja. Kadangkala memar terjadi padahal tidak terbentur apapun. Sehingga hal itu sering dikait-kaitkan dengan kejadian mistis.

Ternyata, memar bisa disebabkan salah satunya yaitu pembuluh darah pecah akibat trauma. Memar biasanya menghilang seiring berjalannya waktu. Namun, karena alasan kurang percaya diri akibat bekas memar di tubuh lakukan beberapa cara ini untuk menghilangkannya. Penasaran?

Berikut ini penjelasannya:

Oleskan Salep dengan Kandungan Arnica-Infused
Arnica merupakan herbal yang banyak digunakan untuk obat homeopati. Obat ini bisa meredakan rasa sakit dan memar, serta dikaitkan dengan efek anti-inflamasi apabila diolesi ke kulit kemudian diserap. Salep arnica biasanya dijual di apotek maupun toko obat. Bentuknya homeopati atau gel.

Kompres dengan Es Batu
Metode yang satu ini paling sering digunakan untuk mengatasi memar. Es batu dapat membantu mengurangi pembengkakan, mengurangi rasa sakit, dan membuat ukuran memar lebih kecil. Cukup kompres es batu yang dilapisi dengan kain ke area memar selama sekira 10 menit.

Mengompres dengan Handuk Panas
Sama halnya dengan es batu, handuk yang disiram air panas juga dapat meredakan memar. Jika es batu digunakan 24 jam setelah terjadinya memar, handuk panas bisa digunakan setelah lebih dari 24 jam memar tidak kunjung hilang dan timbul rasa nyeri. Aplikasi panas dapat mendorong lebih banyak sirkulasi di area yang terbentur dan membantu membersihkan darah yang menggumpal.

Mengubah Pola Makan
Pola makan seseorang dapat memengaruhi cara kerja tubuh untuk menyembuhkan luka. Bahkan makanan dapat berpotensi mengurangi risiko memar menjadi lebih parah. Konsumsilah sayuran kaya vitamin K seperti kubis, bayam, dan kale.

Sayuran jenis itu dapat membantu mengentalkan darah dan mengurangi risiko menggumpal. Nanas yang kaya akan dengan bromelain serta campuran enzim yang memiliki sifat anti-inflamasi juga bisa membantu mengurangi memar dan pembengkakan.

Suplemen Bromelain
Berbicara tentang bromelain, ada pula suplemen yang memiliki kandungan nutrisi tersebut. Suplemen ini dapat membantu mengurangi memar. (okezone.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.