Lakukan 6 Hal Ini Saat Pinjamkan Uang ke Kerabat

Avatar of PortalMadura.Com
Lakukan 6 Hal Ini Saat Pinjamkan Uang ke Kerabat
Terima uang

PortalMadura.Com – Manusia merupakan makhluk sosial yang pasti membutuhkan orang lain untuk melakukan berbagai aktivitasnya. Hal ini terbukti bukan hanya saat kondisi baik tapi juga sebaliknya. Biasanya dalam kondisi sulit, seseorang akan butuh bantuan salah satunya keuangan.

Nah, di waktu inilah sudah menjadi hal wajar untuk membantu teman atau kerabat dengan memberi bantuan keuangan. Akan tetapi tidak ada salahnya jika saat meminjamkan uang kepada teman atau kerabat, Anda melakukan beberapa hal ini. Apa saja?

Berikut ulasannya:

Buat Perjanjian yang Jelas
Ketika meminjamkan uang kepada teman atau saudara, penting untuk membuat perjanjian yang jelas untuk memastikan bahwa uang akan dikembalikan.

Ada baiknya membuat perjanjian tertulis yang mencatat besaran utang, persyaratan pembayaran, batas waktu pembayaran, dan adanya bunga. Dengan adanya perjanjian ini, pemberi pinjaman memiliki senjata dan bukti nyata jika saja terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, pemberi pinjaman juga bisa mengambil langkah ekstra dan meminta pengacara atau notaris menandatangani dan mensahkan perjanjian tersebut. Hal ini mungkin terasa aneh untuk si pemberi pinjaman dan kerabatnya, tetapi perjanjian formal seperti ini akan menguntungkan kedua belah pihak. Jadi, tidak ada salahnya, kan?

Selalu Informasikan kepada Pasangan
Jika sudah berkeluarga, hal ini harus diperhatikan. Informasikan kepada pasangan jika harus meminjamkan uang kepada teman dekat, kerabat, dan keluarga terdekat.

Keuangan merupakan tanggung jawab berdua ketika sudah memiliki suami atau istri. Selain finansial merupakan hal yang sangat sensitif di dalam rumah tangga, pasangan juga berhak tahu berapa jumlah nominal yang akan dipinjamkan, kepada siapa uang tersebut akan dipinjamkan dan untuk tujuan apa. Rundingkan bersama lalu putuskan bersama-sama pula apakah keuangan keluarga memungkinkan atau tidak.

Jika pasangan tidak setuju atau menolak keputusan Anda dengan alasan yang masuk akal, maka harus menolak untuk meminjamkan uang. Namun, bukan berarti tidak bisa membantu mereka mencari jalan lain untuk mendapatkan bantuan keuangan. Mungkin, sebagai kerabat yang baik, bisa membantu mencarikan orang atau lembaga keuangan yang mungkin bisa memberikan solusi.

Cari Tahu Tujuan Penggunaan Uang
Hal ini memang termasuk ke dalam kategori privasi yang tidak jarang membuat pemberi pinjaman merasa sungkan untuk mencari tahunya.

Tapi apa yang akan terjadi jika ternyata uang yang dipinjam digunakan untuk hal-hal yang kurang tepat? Misalnya untuk memenuhi kebutuhan konsumtif yang dirasa tidak terlalu perlu, atau lebih parahnya untuk membeli barang atau hal yang menyalahi aturan hukum.

Selain berbahaya untuk si peminjam, hal ini juga akan membahayakan si pemberi pinjaman. Jadi, tidak ada salahnya mencari tahu.

Gali Lubang Tutup Lubang
Ini juga akan membahayakan! Jika ternyata uang yang dipinjam untuk menutupi utang yang lain, maka besar kemungkinannya uang tidak akan kembali. Pun kembali, akan membutuhkan waktu yang sangat lama.

Beri Pinjaman dalam Bentuk Dana Tunai
Jangan pernah membiarkan orang lain menggunakan kredit Anda baik anggota keluarga atau saudara untuk tujuan apapun. Kartu kredit marupakan tanggung jawab sendiri.

Maka, jika ingin meminjamkan sejumlah dana kepada kerabat atau keluarga, ada baiknya memberikan secara tunai atau dalam bentuk cek yang bisa dicairkan.

Bersikap Tegas
Saat memutuskan untuk meminjamkan uang kepada seseorang, harus dibarengi dengan niat baik dengan sikap tegas. Tegas maksudnya adalah, harus bisa membuat mereka mengikuti persetujuan yang sudah disepakati kedua belah pihak sebelumnya.

Jangan sampai, mereka menganggap Anda sebagai teman atau saudara, mereka malah menyepelekan pinjamannya dan selalu mengundur waktu untuk mengembalikan. Itulah hal-hal yang harus dilakukan untuk menghindari konsekuensi fatal saat meminjamkan uang kepada teman atau kerabat. Membantu sesama merupakan kewajiban, tapi ingat, jangan sampai merugikan diri sendiri. Semoga membantu! (liputan6.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.