Lakukan 6 Trik Ini Agar Puasa Ramadan Anda Tak Sia-sia

Avatar of PortalMadura.Com
Lakukan 6 Trik Ini Agar Puasa Ramadan Anda Tak Sia-sia
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Bulan Ramadan merupakan bulan yang selalu ditunggu-tunggu umat muslin di seluruh dunia. Dimana di bulan ini diwajibkan berpuasa selama satu bulan bagi yang mampu. Selain puasa masih banyak ibadah lain yang pahalanya berkali-kali lipat dari bulan-bulan lain.

yaitu menahan rasa lapar dan haus dari terbit fajar sampai terbenam matahari. Namun, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar puasa ini tidak hanya sekadar melakukan hal itu. Penasaran?.

Perkuat Niat Berpuasa
Niat untuk menjalankan ibadah puasa menjadi hal utama dan pertama yang harus dilakukan seorang Muslim. Niat yang kuat untuk memperbaiki diri dan menyucikan hati bakal menjadi pendukung ketika menjalani ritual ibadah umat Islam selama sebulan penuh ini.

Jangan Lupakan Sahur
Menjalankan puasa Ramadan tidak boleh lepas dari tata urutannya. Dimulai dari sahur yang harus dilakukan sebelum imsak atau sepertiga malam. Selain menjadi sunah, sahur sangat penting agar ada asupan nutrisi tubuh hingga azan mahgrib tiba.

Menu Sahur Sehat
Menu makan sahur sebaiknya diupayakan mengandung banyak protein dan serat. Makanan berprotein tinggi dapat menjadi sumber energi kala beraktivitas. Sedangkan makanan berserat tinggi bakal membantu proses metabolisme tubuh.

Jika bisa kurangi mengonsumsi karbohidrat yang berpotensi menurunkan daya panas tubuh untuk memprosesnya sebagai energi. Sehingga malah membuat seseorang terlihat malas dan mengantuk sepanjang hari.

Hindari Kegiatan yang Menguras Tenaga
Saat berpuasa memang dianjurkan untuk tetap beraktivitas harian seperti biasa. Olahraga bisa tetap dijalankan, asal tidak menguras tenaga secara berlebihan. Pilihannya seperti berjalan, bersepeda,dan latihan otot seperti sit-up dan push-up. Kurangi olahraga lari yang lebih menguras tenaga selama puasa.

Jangan Menunggu Waktu Berbuka
Saat berpuasa, sebaiknya tidak terus-terusan melihat jam dan menunggu waktu berbuka puasa. Kebiasaan itu hanya akan membuat rasa lapar dan haus bertambah karena hanya terfokus kepada dua hal tersebut.

Sebaiknya kerjakan saja pekerjaan yang ada dengan semangat agar waktu berbuka puasa tidak terasa lama.

Perbanyak Ibadah
Niat puasa bukanlah untuk memperbanyak tidur atau malas-malasan. Sebaiknya mengisi waktu luang dengan memperbanyak ibadah. Selain itu mengaji atau membaca buku tentang agama dan apa saja yang menambah pengetahuan keagamaan dapat mengurangi kegiatan tanpa manfaat.

Bila bosan melakukannya di rumah, maka bisa mendatangi masjid terdekat untuk mengaji bersama sambil melakukan hal-hal bermanfaat bersama pengurus masjid. (okezone.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.