oleh

Lakukan 8 Gerakan Ini Saat Duduk di Kantor Seharian Agar Rileks

PortalMdura.Com – Aktivitas duduk yang terlalu lama bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Misalnya rasa pegal, otak mejadi mampet, leher dan bahu yang tegang dan lain-lain.

Meskipun dianggap sepele ternyata tanpa disadari hal ini bisa dilakukan siapa saja, seperti karyawan yang selama delapan jam duduk sambil bekerja, seorang supir bahkan orang yang sedang nonton bioskop.

Oleh karena itu, agar Anda tidak mempunyai masalah kesehatan hanya karena duduk yang terlalu lama maka sebaiknya Anda melakukan beberapa gerakan ini. Penasaran?.

Ini dia daftarnya:

Push-up
Luangkan beberapa menit jam makan siang (atau ketika kantor sedang sepi) untuk push-up dengan bantuan kursi kantor. Caranya, letakkan kedua kaki di atas dudukan kursi lalu topang tubuh dengan dua tangan menghadap bawah. Lakukan push-up sebanyak 15 gerakan x 3 sesi.

Mengencangkan Bokong
Terlalu lama duduk dapat membuat bokong menjadi rata. Agar bokong tetap kencang dan seksi, angkat satu kaki dan silangkan tanpa menimpa kaki lainnya. Tahan selama beberapa detik, lalu lakukan gerakan yang sama pada kaki lainnya. Ulangi gerakan ini selama beberapa kali.

Mendorong Lengan
Anda tidak harus tampil nyentrik dengan mengangkat-angkat dumbbell di kantor untuk mengencangkan otot dada, bisep dan trisep. Ada satu gerakan sederhana yang dapat dilakukan ketika duduk yaitu dengan mendorong lengan ke bawah.

Caranya, kaitkan jari-jemari seperti ketika sedang berdoa lalu letakkan telapak tangan pada pangkuan dan dorong selama beberapa saat. Lakukan gerakan ini selama beberapa kali.

Bermain Sambil Berolahraga dengan Kursi Putar
Apakah kursi kantor Anda adalah tipe kursi yang dapat berputar?. Jika iya, sangat menyenangkan bukan, bermain-main dengan berputar-putar di atas kursi? Ehm, jika kantor sedang sepi atau ketika jam makan siang, Anda bisa bermain sambil berolahraga dengan kursi kerja.

Loading...

Caranya, angkat kedua kaki lurus ke depan dan lakukan gerakan menendang ke samping hingga kursi berputar. Gerakan ini akan melatih otot paha dan pinggul. Gerakan lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan merapatkan kedua kaki dan mengangkatnya hingga tidak menyentuh lantai. Sambil berpegangan pada meja, putarlah tubuh ke kanan dan kiri. Gerakan ini juga berguna untuk mengecilkan perut, lho.

Menegakkan Punggung
Agar postur tubuh tetap baik dan tidak pegal duduk seharian di kantor, duduklah dengan postur tubuh yang tegap. Selain itu, Anda juga bisa mengangkat lutut ke atas kursi sembari menegakkan punggung dan mengetik. Agar tidak terlalu ketara, tutupi kaki dengan jas atau pashmina.

Mengencangkan Kaki dan Memperindah Betis
Sambil duduk dan mengetik laporan atau membuat slide presentasi, angkat kedua kaki lurus ke depan lalu lakukan gerakan naik-turun dengan perlahan selama dua puluh lima kali. Istirahatlah sebentar, lalu ulangi gerakan tersebut hingga tiga sesi.

Meregangkan Otot Leher
Tanpa disadari, sebagian besar orang menunduk ketika menatap layar komputer. Jika dilakukan selama berjam-jam, leher akan menjadi pegal. Gerakkan leher menengadah ke atas, samping kanan-kiri lalu bawah agar otot-otot leher menjadi rileks.

Memutar Lengan
Sambil duduk, rentangkan kedua tangan Anda ke samping. Kepalkan telapak tangan lalu putarlah kedua lengan ke depan selama beberapa saat. Ulangi gerakan yang sama namun putarlah kedua lengan pada arah yang berlawanan. Gerakan ini dapat meningkatkan fleksibilitas serta memperbaiki postur tubuh.

Nah, demikianlah gerakan-gerakan mudah yang bisa dilakukan di kantor untuk mencegah pegal-pegal dan bikin tubuh makin rileks. (vemale.com/Desy)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar