Lakukan Cara Ini untuk Antisipasi Capek Saat Nyetir

Avatar of PortalMadura.com
Lakukan Cara Ini untuk Antisipasi Capek Saat Nyetir
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mudik menjadi pilihan banyak orang ketika menjelang lebaran. Berbicara mudik, hal ini biasanya akan memakan waktu yang cukup lama. Berbeda dari hari biasanya karena jumlah atau volume kendaraan di jalan juga meningkat.

Lamanya di perjalanan tentu akan membuat sebagian orang merasa capek. Apalagi dalam kondisi macet, pasti rasanya sangat menyebalkan.

Nah, supaya tidak terlalu capek (fatigue) dan stres berat, pengaturan waktu pun dibutuhkan, seperti dijelaskan oleh pegiat keselamatan berkendara Robby Prakoso.

“Kondisi pengemudi kalau dua kali lebih capek daripada biasanya, kita maintain supaya tidak terjadi fatigue,” kata dia.

Tiap empat jam, kata dia, pengemudi break dulu selama 20 menit. Waktu empat jam untuk mengemudi dirasa sudah cukup untuk memenuhi waktu perjalanan ataupun maksimal dalam hal fisik pengemudi.

Dengan rumus dasar itu, pembagian waktu pun masih bisa disesuaikan. Perhitungan yang sama bisa diperkecil dengan pembagian yang sama sehingga pada intinya pemanfaatan waktu berlaku secara ideal dan Anda tidak kelamaan di jalan.

“Lebih ideal lagi, tiap empat jam kan 20 menit. Kalaupun 2 jam sudah fatigue, boleh istirahat 10 menit. Jadi total waktu yang dibutuhkan tetap sama,” kata dia. (liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.