Lakukanlah, 3 Cara Ini Agar Bisa Kurangi Pemakaian Plastik

Avatar of PortalMadura.Com
Lakukanlah, 3 Cara Ini Agar Bisa Kurangi Pemakaian Plastik
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Tidak bisa dipungkiri, plastik merupakan temuan yang sangat bermanfaat sepanjang perjalanan sejarah manusia. Plastik mempunyai sifat yang tahan air, tahan lama, dan praktis sehingga dianggap paling tepat sebagai kemasan atau pelindung segala hal. Tanpa sadar, kehidupan kita begitu bergantung dengan benda ini.

Sampah plastik tengah menjadi isu yang disoroti beberapa waktu belakangan. Banyaknya binatang laut yang ditemukan mati dalam keadaan mengenaskan akibat sampah plastik yang menjadi salah satu penyebab diet plastik ramai-ramai digalangkan.

Sebenarnya, sudah saatnya kita mengurangi penggunaan plastik. Sebab, barang-barang sekali pakai yang terbuat dari plastik itu akan sulit didaur ulang dan kemungkinan besar hanya akan berakhir menjadi gunungan sampah dan mengancam kestabilan ekosistem.

Dan tahu nggak, kalau Indonesia merupakan penghasil sampah plastik kedua terbanyak di dunia? Tidak ada kata terlambat untuk melakukan perubahan. Tak perlu terlibat dengan kampanye dari badan atau organisasi pecinta lingkungan. Kita bisa kok membantu memangkas penggunaan plastik dengan cara berikut ini.

Membawa botol sendiri
Bawa botol dari rumah selama bepergian untuk menghindari kita beli minuman kemasan plastik sekali pakai. Dengan begitu, kita juga bisa sedikit lebih hemat.

Hindari sedotan plastik
Barang kecil ini ternyata punya dampak negatif yang besar bagi bumi. Lain kali ketika memesan minuman, selain mempertimbangkan untuk bawa botol sendiri pikirkan juga Anda apa Anda benar-benar butuh sedotan atau tidak. Untuk membatasi penggunaan sedotan plastik, sekarang ada alternatif sedotan logam maupun kertas, lho.

Hindari kemasan plastik saat belanja
Ketika belanja di supermarket, usahakan untuk membawa kantong atau tas bahan dari rumah. Kita juga bisa memilih untuk tidak belanja sayur atau buah dalam kemasan plastik.

Hal yang sama juga berlaku pada alat makan plastik sekali pakai. Intinya, selama ada opsi untuk tidak memakai plastik, pilihlah opsi tersebut. Yuk sama-sama kurangi pemakaian plastik!

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.