oleh

Lakukanlah, Tips Ini Agar Tidak Menangis Saat Mengiris Bawang Bombay

PortalMadura.Com – Banyak sekali makanan yang dimasak menggunakan bahan bawang bombay. Selain bisa jadi bumbu tumisan dan sayur, bawang bombay ini juga enak jika digoreng garing setelah dicelupkan ke tepung. Sayangnya, Anda bisa dibuat menangis saat mengiris bawang bombay, ini juga termasuk bawang merah juga.

Salah satu hal yang bikin malas memasak adalah berbagai tragedi di dapur. Misalkan saja menangis saat mengiris bawang bombay. Bawang bombay mengandung enzym dan sulfur yang menyebabkan mata pedih dan meneteskan air mata ketika diiris. Rasa pedihnya tidak mudah hilang dan cukup mengganggu aktivitas memasak.

Nah, kalau Anda tidak mau hal itu terulang maka Anda lakukan tips mudah agar mata tidak pedih saat mengiris bawang bombay. Caranya super mudah, yang perlu dilakukan adalah simpan bawang bombay di dalam lemari es (di dalam chiller) sebentar saja, kemudian baru dipotong. Selain itu merendam barang bombay dalam air es sebelum dicincang juga akan bisa mencegah rasa pedih.

Selain trik tersebut gunakan pisau yang sangat tajam agar zat yang menguap tidak terlalu banyak dan mengganggu mata. Ketajaman pisau ini secara otomatis mengurangi pedih dan mempercepat pekerjaan.

Mudah sekali bukan? Nah, jika ingin bawang bombay tak mudah busuk ada baiknya menyimpan bawang bombay di suhu ruang di dalam keranjang agar lebih awet dan usia pakainya lebih lama. Hindari menyimpan bawang bombay di dalam lemari es. Semoga informasi ini bermanfaat.(fimela.com/Nurul)