Resep Rempeyek Kacang yang Gurih dan Renyah

Avatar of PortalMadura.com
Resep Rempeyek Kacang yang Gurih dan Renyah
Ilustrasi (cookpad.com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Selain kerupuk, salah satu makanan khas Indonesia yang kadang dimakan sebagai teman nasi yaitu rempeyek kacang tanah. Tidak hanya itu, camilan ini juga bisa dimakan begitu saja atau mendampingi soto, sop, bakso, pecel dan masih banyak makanan lainnya.

Cara membuatnya tidak sulit, tapi membutuhkan bumbu-bumbu yang harus diolah dulu agar rasa gurih dan kerenyahannya tetap terasa. Mau coba bikin?. Yuk intip resepnya berikut ini:

Bumbu Rempeyek Kacang Gurih:

½ kg kacang tanah kupas
4 butir kemiri
4 siung bawang putih
1 sendok teh ketumbar bubuk
350 gram tepung beras
½ sendok makan tepung tapioka
250 cc santan kelapa
100 cc air putih
1 butir telur
1 sendok makan air kapur sirih (optional)
5 lembar daun jeruk, iris tipis (optional)
Garam secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

Campur telur ayam, bawang putih, garam, kemiri, ketumbar bubuk dan air kapur sirih. Haluskan bumbu tersebut dengan blender. Lalu, campurkan kacang tanah, tepung beras, tepung tapioka, bumbu halus, air, santan dan irisan daun jeruk. Aduk-aduk hingga merata.

Kemudian, panaskan minyak goreng. Masukan adonan tersebut di atas sedikit demi sedikit. Mulai dari bagian pinggir wajan sehingga membentuk lapisan tipis. Goreng di atas api sedang sampai matang kecokelatan. Angkat, lalu tiriskan. Selesai, Anda sudah bisa menikmati peyek kacang tanah bersama nasi atau menu lainnya.

Jika melihat resep rempeyek ini memang kelihatannya bumbu-bumbu yang digunakan sangat banyak, namun sebenarnya tidak susah didapat karena semuanya merupakan bumbu-bumbu dapur standar saja. Yang sedikit sulit adalah menjaga agar adonan yang digoreng dapat menjadi setipis mungkin. Adonan yang tebal saat digoreng mungkin tidak matang tengahnya.

Jika ingin lebih variatif, Anda bisa mengganti kacang tanah dengan ikan teri, udang atau kacang kedelai. Selamat mencoba resep rempeyek kacang tanah tersebut. Semoga berhasil. (resepnasional.com/Putri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.