Landa 79 Desa, Bangkalan Status Tanggap Darurat Kekeringan

Avatar of PortalMadura.Com
Landa 79 Desa, Bangkalan Status Tanggap Darurat Kekeringan

PortalMadura.Com, -Pemerintah Kabupaten (pemkab) Bangkalan, Madura, Jawa Timur, melalui Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, meningkatkan status kekeringan di daerah tersebut menjadi “Status Tanggap Darurat Kekeringan” dari yang sebelumnya siaga darurat kekeringan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangkalan, Rizal Morris mengatakan, pihaknya telah memitakan dan terdapat 79 desa yang tersebar di 18 kecamatan dilanda kekeringan dan 32 desa dengan kondisi kritis kekeringan.

“Berdasarkan laporan yang masuk kepada saya ada sekitar 32 desa yang mengalami kekeringan kritis, dan ini yang mendapat perhatian pemkab, untuk mendapat penanganan cepat, dan ini yang meningkatkan status Bangkalan menjadi status tanggap darurat kekeringan,” terang dia, Senin (11/9/2017).

Dikatakan, pihaknya akan mengirimkan 6 tangki air bersih kepada desa yang dilanda kekeringan, yang dimulai dari Kecamatan Kokop, sebagai respon cepat dari pemerintah daerah.

Pengiriman air tersebut dilepas langsung oleh Bupati Bangkalan, Makmun Ibnu Fuad di halaman Pendopo 1.

“Yang jelas hari ini kita ke Kokop dulu termasuk yang kering kritis dan kemudian besok ada Konang, Klampis dan kemudian Tragah dan semuanya terjadwal,” katanya.

Dia menambahkan, saat ini di pedalaman Bangkalan, banyak masyarakat yang mengalami kesulitan mendapatkan air bersih. Salah satu solusinya, juga menggandeng pihak swasta.

“Kering kritis ini kategorinya adalah masyarakat yang kesulitan memenuhi kebutuhan air sehari hari. Misalnya untuk minum dan mandi, dan jarak tempuh sekitar 2 kilometer ke sumber air,” pungkasnya.(Hamid/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.