PortalMadura.com

Lapas di Jawa Timur Kekurangan Personel

  • Selasa, 24 Oktober 2017 | 09:35
Lapas di Jawa Timur Kekurangan Personel
dok. Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Kanwil) Jawa Timur, Giri Purbadi (Foto : Marzukiy)

PortalMadura.Com, Pamekasan – Sebagian besar Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Jawa Timur kekurangan Sumber Daya Manusia (SDM), tidak sebanding dengan jumlah narapidana (napi) yang kian membeludak.

Hal itu disampaikan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Kanwil) Jawa Timur, Giri Purbadi saat berkunjung ke Lapas Kelas II A Pamekasan, Madura, Senin (23/10/2017).

“Hampir di seluruh Lapas, khususnya Jawa Timur bahwa SDM kita sangat sedikit. Jadi, 1 personel menjaga 126 (napi), ini kan sudah tidak wajar,” ungkapnya.

Hari Jadi Sumenep

Giri Purbadi menyampaikan, idealnya setiap satu personel menjaga 50 sampai 70 warga binaan untuk memaksimalkan pengawasannya di dalam Lapas. Tetapi, pihaknya sudah berupaya melakukan penambahan personel tersebut.

“Sudah, hari ini (kemarin, red), kita sedang melakukan tes CPNS di Surabaya. Kita akan ambil seribuan lah, yang daftar 15 ribu untuk Jawa Timur,” tandasnya.

Lapas di Jawa Timur sekarang sudah melebihi kapasitas. Daya tampung Lapas yang semestinya hanya 8.500 napi saat ini telah diisi sebanyak 24.500 napi lebih. Sebagian besar dari warga binaan itu adalah kasus narkoba. (Marzukiy/Putri)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional