oleh

Lapas Klas IIA Pamekasan Izinkan Napi Buka Puasa Bersama Keluarganya

PortalMadura.Com, Pamekasan – Beberapa wajah narapidana di Lapas Klas IIA Pamekasan, Madura, Jawa Timur, terlihat sumringah. Di hari ke 11 Ramadan 1440 H, mereka merasakan kehangatan berbuka puasa bersama keluarga, di aula Lapas, Kamis, (16/05/2019).

Salah satu narapidana Lapas Klas IIA Pamekasan, Hambali (40) mengaku senang bisa berkumpul dengan keluarganya meski hanya untuk sekedar berbuka.

Narapidana kasus perlindungan anak yang harus menjalani hukuman 8 tahun ini mengaku hari ini merupakan tahun ketiga berada dalam Lapas sekaligus menikmati Ramadan dibalik jeruji besi.

“Sangat senang, gembira di bulan puasa ini saya bisa berkumpul dengan keluarga. Apalagi sebentar lagi akan lebaran,” katanya.

Menurut Hambali, kedatangan keluarganya sedikit mengobati kerinduannya. Meski ia harus menunggu beberapa tahun lagi untuk bisa menghirup udara bebas.

“Ia senang, soalnya momen kayak gini hanya setahun sekali saja,” ucapnya.

Sementara itu, Kalapas Klas IIA Pamekasan, Hanafi mengatakan, pihaknya memang mengundang beberapa keluarga napi untuk buka bersama di aula Lapas.

“Kami berinisiatif menyelenggarakan buka bersama antara warga binaan dengan keluarga, ini salah satu usaha untuk menjaga keharmonisan keluarga dan bentuk usaha meredam rasa ingin berkumpul dengan keluarganya,” ujarnya.

Kesempatan tersebut, bisa dimanfaatkan oleh para narapidana Lapas Pamekasan untuk instrokpesi diri serta motivasi untuk tidak lagi berbuat kriminal setelah menjalani binaan.

Baca Juga : Kebakaran POM Mini Landa Milik Anggota DPRD Sumenep

“Kami ingin warga binaan setelah bebas dan kembali ke lingkungan bisa memberikan manfaat positif dengan belajar dari sebuah kesalahan. Kesempatan ini bisa mengembalikan keharmonisan dengan keluarga,” tutup Hanafi.(*)


Penulis : Hasibuddin
Editor : Nurul Hijriyah

Komentar