oleh

Laptop Mati Total, Ini 6 Sebabnya

Bayar pajak itu wajib

PortalMadura.Com – Laptop merupakan salah satu alat yang banyak digunakan untuk mempermudah tugas kantor atau kampus. Seperti, tulis menulis, ngedit foto, video dan lain sebagainya. Alat ini mudah di bawa kemana-mana, sehingga penggunanya bisa menyelesaikan tugas di berbagai tempat. Misalkan di rumah, kantor atau bahkan tempat umum.

Namun, bagaimana jika tiba-tiba laptop mati ketika lagi input data atau mengerjakan tugas kantor? Hal ini menjadi krusial jika laptop sama sekali tidak merespon alias mati total. Lantas apa penyebabnya? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Senin (4/11/2019) dari laman inet.detik.com yang mengutip dari beberapa sumber.

Berikut ini penjelasannya:

Permasalahan Pada Baterai

Jika sumber daya laptop dihasilkan dari baterai, kemungkinan baterai mengalami kehabisan daya. Tapi setelah menghubungkan laptop dengan adaptor listrik, masih tidak mau menyala.

Tunggu beberapa saat sampai baterai terisi beberapa persen sebelum menghidupkannya. Karena baterai yang habis total dayanya butuh beberapa waktu untuk mengisi ulang kembali daya baterai yang hilang.

Apabila sudah menunggu, laptop masih tidak mau menyala, coba lepas baterai dari laptop. Jika setelah baterai dilepas, kemudian laptop berhasil menyala, berarti kerusakan terjadi pada baterai atau konektor baterainya.

Permasalahan Power Supply

Apabila lampu indikator mati, sedangkan adaptor dalam keadaan normal, periksa dahulu soket DC yang menancap pada laptop. Soket yang rusak menyebabkan listrik tidak stabil atau mengalir dengan benar ke dalam komponen laptop. Sehingga laptop tidak akan bisa menyala dengan benar.

Tegangan listrik yang tinggi sering terjadi, hal ini bisa menyebabkan kerusakan komponen power. Periksa tombol on/off power, lalu periksa juga ic power. Input dengan daya listrik yang berbeda juga dapat menyebabkan laptop tidak menyala, lepaskan charger, lalu tekan tombol power 30 detik hingga daya habis. Lalu pasang kembali charger laptop dan coba hudupkan kembali.

Loading...

Permasalahan RAM

Jika lampu indikator hidup, kipas menyala, dan mesin masih berjalan dengan baik namun pada layar tidak ada tampilan apapun, kemungkinan besar penyebabnya yaitu kerusakan RAM. Coba lepaskan RAM dan bersihkan pinnya dengan menggosokan pada penghapus pensil, lalu pasang kembali. Pasang dengan socket yang berbeda jika terdapat dua socket RAM pada mainboard laptop.

Permasalahan Pada Adaptor

Cek lampu indikator apakah menyala atau tidak. Jika tidak menyala, kemungkinan kerusakan karena adaptor. Periksa sambungan kabel adaptor karena sering terjadi kabel power bermasalah (putus sambungan) akibat pemakaian adaptor yang kurang hati-hati.

Cara mudah untuk mengecek adaptor yaitu dengan menggunakan adaptor lainnya yang sesuai dayanya untuk menghidupkan laptop Anda. Jika adaptor serta kabelnya normal maka permasalahan bisa disebabkan karena kerusakan komponen power.

Baca Juga: Pengamanan Pilkades Serentak 2019, Polisi Tidak Dibekali Senpi

Permasalahan Pada Processor

Processor merupakan komponen otak laptop dan komputer. Jadi ketika processor mengalami kerusakan, dia kehilangan kontrol dan tidak mampu memberikan perintah pada komponen lain untuk bekerja maksimal.

Penyebab umum processor rusak karena overheating. Penyebab overheating ini sangat beragam mulai dari pasta processor yang kering, fan, dan heat sink processor yang kotor, hingga tidak seimbang antara processor dan RAM.

Masalah Pada Motherboard

Penyebab laptop mati total lainnya yakni Motherboard atau mainboard memiliki peran sebagai komponen induk yang menjadi tempat utama untuk menghubungkan komponen satu dengan komponen lain agar menjadi satu kesatuan. Kerusakan sering ditandai dengan adanya bunyi “bip..bip..bip..”.

Motherboard termasuk komponen yang jarang mengalami kerusakan, namun harus tetap waspada. Apa saja penyebab-penyebab kerusakan yang akan timbul, antara lain:
· Overheating pada komponen CPU
· IC komponen terbakar
· Suplai listrik tidak stabil
· Overclocking pada komponen CPU
· Virus


Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: detik.com


Berita PortalMadura
Loading...

Komentar