Latih Otak dengan 5 Hal Sederhana Ini

Avatar of PortalMadura.com
Latih Otak dengan 5 Hal Sederhana Ini
Ilustrasi

PortalMadura.Com – merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia, pusat sistem saraf dan menjadi struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron.

Sama seperti tubuh, otak juga perlu dilatih setiap hari agar tetap sehat dan bugar. Namun, melatih otak tidak butuh hal-hal rumit. Anda cukup melakukan beberapa cara sederhana. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Senin (19/8/2019) dari laman liputan6.com yang mengutip dari Fimela.com.

Lantas, cara sederhana apa saja yang bisa melatih otak? Berikut penjelasannya:

Melakukan Hal Baru

Melakukan hal-hal baru akan ada respons atau stimulasi positif di otak terhadap tubuh, terutama yang melibatkan pancaindera yang membuat sel-sel lebih kuat dan resisten terhadap penuaan dini.

Baca Juga: Warga Desa Lesong Laok Pamekasan Keluhkan Jalan Rusak

Pemanasan Pagi Hari

Meregangkan otot pagi hari ditambah dengan latihan pernapasan setelah bangun tidur mampu membuat otak aktif, sebelum memulai aktivitas. Asupan oksigen yang banyak di pagi hari akan membuat otak lebih segar dan merespons dengan lebih cepat.

Penelitian menemukan bahwa menyikat gigi dengan sisi berlawanan menghasilkan ekspansi cepat dan substansial pada korteks yang bertugas mengontrol dan memproses informasi melalui sentuhan tangan.

Mandi dengan Mata Tertutup

Tidak banyak yang tahu bahwa ternyata mandi dengan menutup mata mampu memberi tantangan tersendiri untuk otak. Tanpa indera penglihatan, otak harus bekerja lebih keras mengenali tekstur dan mengingat benda-benda di sekitarnya dan menggunakan dengan baik.

Membaca atau Mewarnai

Baca buku apapun yang Anda suka, bahkan jika itu komik atau sekadar koran atau majalah. pengalaman membaca dari buku berbeda dengan memca artikel di internet. Saat ini juga banyak buku mewarnai dewasa yang bisa melatih kreativitas otak. Sedehana, kan?

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.