oleh

Lawan Incumbent, Cakades Pasang Baliho Foto Bareng 3 Bupati Madura

PortalMadura.Com, Sumenep – Menjelang pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak yang dijadwalkan jatuh pada tanggal 20 dan 26 September 2014, manuver politik tingkat desa mulai menghangat.

Berbagai cara dilakukan oleh cakades demi mendapat dukungan suara sebanyak-banyaknya dari masyarakat. Salah satunya dengan cara memajang foto dengan berbagai tokoh berpengaruh di Madura.

A. Rafik, salah satu cakades Payudan Daleman, yang akan bersaing dengan cakades incumbent Yakni H. Zaiful pada (26/11/2014), memasang foto pribadinya saat berdampingan dengan tiga bupati di Madura.

Foto pesaing cakades incumbent bersama tiga bupati itu, disebar di pelosok-pelosok desa. Foto cakades tersebut bersama tiga bupati di Madura, yakni bupati Sumenep, Bupati Pamekasan, dan Bupati Sampang, terpampang jelas di pojok-pojok desa.

“Sejak pelaksanaan Pilpres, foto salah satu cakades bersama tiga bupati sudah terpampang di pelosok dusun, belum jelas apa maksud pemasangan foto cakades kami bersama tiga bupati,” kata Musanni (65), warga Dusun Grujugan, Desa Daleman, Kecamatan Guluk-Guluk, Sumenep, Senin (17/11/2014).

Ia menduga, foto bareng tiga bupati yang dipasang salah satu cakades, ada kemungkinan untuk mengalihkan suara dukungan masyarakat.  Karena hingga saat ini, suara masyarakat masih didominasi cakades incumbent, yang sudah lima tahun memimpin Desa Payudan Daleman.

Namun pihaknya mempertanyakan sikap tiga bupati di Madura, yang mau foto bareng dengan salah satu cakades dan foto tersebut dipampang untuk mendapat dukungan masyarakat.

Meski pemasangan foto tiga bupati bersama salah satu cakades belum tentu dapat ijin dari yang bersangkutan, namun foto tersebut sempat menghebohkan masyarakat yang akan melaksanakan pilkades.

“Foto salah satu cakades bersama tiga bupati di Madura, terus terang sangat mengganggu. Masyarakat bawah selalu mempertanyakan legalitas foto tersebut, masak iya bupati rela fotonya dipasang untuk memenangkan pilkades,” pungkasnya.

Sementara desa yang akan melaksanakan pilkades, ada 66 desa yang tersebar di daratan maupun kepulauan.

Pelaksanaan pilkades serentak tahap 2, terbagi dua tahap, yakni wilayah utara jatuh pada tanggal 20/11/2014 sebanyak 33 desa, dan tanggal 26/11/2014 untuk wilayah selatan sebanyak 33 desa.(dein/htn)


Komentar