oleh

Layanan Swab Antigen Covid-19 Dipatok Rp 150 Ribu

PortalMadura.Com, Sampang – Layanan swab antigen untuk mencegah penularan virus corona (Covid-19) di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, dikenakan tarif Rp150 ribu.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes KB) Sampang, Agus Mulyadi menyampaikan, swab (tes rapid) antigen berbayar secara mandiri itu, berlaku bagi warga umum sebagai syarat bepergian jauh, traveling, atau perjalanan ke luar kota.

Ketentuan berbayar swab antigen, lanjut Agus, berdasarkan aturan dari pemerintah pusat, dan bukan hanya berlaku di wilayah Kabupaten Sampang.

Menurut dia, adanya biaya swab antigen bertujuan untuk mengurangi mobilitas masyarakat demi menekan angka lonjakan kasus penyebaran virus corona (Covid-29).

“Sejak hari Sabtu kemarin, rapid tes untuk perjalanan sudah mandiri atau berbayar, dan pemerintah berharap tidak ada mobilisasi. Jika terpaksa bepergian, dapat memanfaatkan rapid tes yang telah ada di pos penyekatan dan pengetatan,” terangnya, Sabtu (19/6/2021).

Pihaknya, sempat memberikan layanan swab antigen gratis di seluruh pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di Sampang. Namun, saat ini swab antigen gratis untuk perjalanan darat dan udara telah dicabut.

“Layanan swab antigen yang masih gratis, yakni untuk ibu hamil, santri yang akan kembali ke pondok, pasien rawat inap, pasien yang dirujuk, pasien tracing, dan program lain sesuai indikasi,” jelasnya.

Agar pencegahan kasus Covid-19 terkendali, Agus mengajak masyarakat membatasi diri untuk bepergian, kecuali memiliki kepentingan tertentu yang tidak bisa ditinggalkan.

“Memutus mata rantai penyebaran Covid-19, dapat dengan cara menerapkan protokol kesehatan, yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas,” pungkasnya.(*)

 

Penulis : Rafi
Editor : Desy Wulandari

Komentar