Ledies, Ketahui Cara Eksfoliasi untuk Kulit Wajah Berjerawat

Avatar of PortalMadura.com
Ledies, Ketahui Cara Eksfoliasi untuk Kulit Wajah Berjerawat
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu yang masih menjadi masalah terbesar bagi kaum hawa yakni jerawat. Penyebab utamanya tidak lain yakni kombinasi dari cuaca polusi, kotoran, dan sisa makeup serta proses regenerasi kulit yang tidak sempurna.

Dan untuk menyembuhkan jerawat pun tidak semudah membalikkan telapak tangan bukan? Ada yang bisa sembuh dengan penggunaan skin care rutin namun ada pula yang sampai harus berkonsultasi dengan dermatologis.

Selain itu, munculnya jerawat bisa membuat tahapan skin care Anda terganggu karena skin care kulit yang berjerawat tidak sama dengan kulit yang sedang tidak berjerawat.
Salah satu yang cukup menimbulkan kebingungan adalah boleh atau tidaknya melakukan pada kulit yang sedang berjerawat.

Eksfoliasi merupakan salah satu tahapan skin care yang penting untuk membantu regenerasi kulit, membersihkan pori-pori, dan menghaluskan permukaan kulit. Namun, tidak bisa sembarang melakukan eksfoliasi saat kulit sedang berjerawat, sebab jerawat justru akan semakin parah.

Baca Juga : Pentingnya Eksfoliasi Kulit dan Cara Aman Melakukannya

Satu-satunya cara untuk melakukan eksfoliasi pada kulit yang sedang berjerawat adalah dengan menggunakan eksfoliasi kimia (chemical exfoliation). Eksfoliasi kimia merupakan metode eksfoliasi yang menggunakan acid sebagai unsur yang berfungsi membantu membersihkan pori-pori dan meregenerasi kulit. Tanpa ada bahan-bahan yang dapat menyebabkan inflamasi seperti microbead atau scrub yang kasar. Eksfoliasi kimia justru dapat menghilangkan pengendapan kotoran hingga ke lapisan dalam.

Bahan-bahan yang biasanya termasuk ke dalam eksfoliator kimia antara lain glycolic acid, lactic acid, hingga yang paling terkenal dapat membantu proses penyembuhan jerawat yaitu salicylic acid. Berbagai jenis acid memiliki tugasnya masing-masing, namun secara keseluruhan acid bekerja dengan meresap ke dalam pori-pori dan menghancurkan potensi jerawat dan sel-sel kulit mati. Anda bisa menemukan kandungan acid dalam berbagai bentuk skin care baik toner maupun serum.

Penggunaannya pun tidak dianjurkan setiap hari karena eksfoliasi berlebihan juga dapat membahayakan lapisan kulit. Saat melakukan eksfoliasi kimia, pastikan juga untuk menggunakan moisturizer dan sunscreen dengan baik karena kulit yang baru saja mengalami eksfoliasi lebih rentan terhadap sinar UV dan zat radikal bebas yang berkeliaran di udara, sehingga memerlukan perhatian ekstra dari sunscreen dan moisturizer.

Nah, sekarang Anda tidak perlu takut lagi untuk melakukan eksfoliasi saat kulit sedang berjerawat. Dengan acid yang tepat, tidak hanya kulit yang lebih cerah dan halus, jerawat pun bisa mendapatkan bantuan dari acid dalam proses penyembuhannya. Semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.