Legislator Temukan Obat Tak Sesuai Kebutuhan dan Ambulans Jadi Alat Angkut Alkes

Avatar of PortalMadura.Com
Legislator Temukan Obat Tak Sesuai Kebutuhan dan Ambulans Jadi Alat Angkut Alkes
Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangkalan saat melakukan sidak ke kantor dinas setempat

PortalMadura.Com, – Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangkalan, Madura, Jawa Timur, melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke Kantor Dinas Kesehatan setempat, Senin (7/5/2018).

Anggota , Abdurrahman mengatakan, Sidak dilakukan untuk memastikan regulasi tentang pendistribusian obat yang dikirim Dinkes ke Puskesmas.

Disebutkan, obat yang dikirim ke Puskesmas bukan yang menjadi skala prioritas, sehingga banyak obat yang dikirim tidak sesuai dengan yang dibutuhkan.

“Bukan aduan, tapi saya Sidak sendiri ke Puskesmas” terang dia.

Selain itu, dia juga mengingatkan Dinkes yang selama ini menggunakan mobil ambulans sebagai kendaraan pendistribusian obat dan alat kesehatan (alkes) ke Puskesmas.

Padahal, mobil ambulans diperuntukkan untuk kendaraan pasien. Hal itu hanya menghambat pelayanan kesehatan, mengingat jumlah ambulans di Bangkalan minim.

“Ini salah, kami akan menindaklanjuti nanti, bagaimana misalnya ada pengadaan, kami akan larang itu ambulans digunakan untuk ngirim obat dan alkes,” tegasnya.

Sementara, Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dinkes Bangkalan, Indah Wayuni menyatakan, pihaknya akan melakukan evaluasi tentang perencanaan kebutuhan obat kepada Puskesmas. Sebab, perencanaan kebutuhan obat tersebut dilakukan oleh masing-masing Puskesmas.

“Mungkin nanti kita kalau ada pertemuan lagi, kita akan memberikan edukasi agar merencanakan dengan baik,” dalihnya. (Hamid/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.