PortalMadura.com

Lengkapi Dokumen, PPK2S Survei Kondisi Perekonomian Kepulauan

  • Selasa, 31 Mei 2016 | 11:24
Lengkapi Dokumen, PPK2S Survei Kondisi Perekonomian Kepulauan

PortalMadura.Com, Sumenep – Untuk melengkapi dokumen persiapan pemekaran wilayah kepulauan menjadi Kabupaten Kepulauan Sumenep, Madura, Jawa Timur, Panitia Persiapan Kabupaten Kepulauan Sumenep (PPK2S) melakukan survei kondisi perekonomian di wilayah Kepulauan.

“Saat ini kami melakukan survei kondisi perekonomian di wilayah kepulauan. Ini kami lakukan untuk melengkapi dokumen persiapan pemekaran wilayah itu,” ungkap Sekretaris PPK2S,  Araful Firaq, Selasa (31/5/2016).

Menurutnya, sebenarnya dokumen persiapan pemekaran itu sudah selesai. Namun setah berkoordinasi dengan para pakar dibidang pemekaran wilayah disarankan adanya penambahan hasil survei dibidang ekonomi.

“Survei ini kami lakukan untuk kedua kalinya. Ini merupakan saran dari beberapa orang yang memang paham dibidang pemekaran wilayah,” ucapnya.

Ia menyampaikan, hasil survei kondisi ekonomi kedaerahan itu akan menjadi referensi pemerintah pasca wilayah kepulauan dimekarkan atau menjadi kabupaten tersendiri.

“Jadi, tidak hanya dokumen-dokumen itu memuat bagaimana kesiapan kepulauan menjadi kabupaten tersendiri, melainkan bagaimana tindaklanjut setelah daerah menjadi kabupaten,” terangnya.

Ia melihat, dari sisi kondisi perekonomian di wilayah kepulauan, selama ini menjadi sentral ekonomi karena wilayah tersebut sangat dekat dengan daerah lain seperti Bali dan Sulawesi Selatan.

“Banyak pelaku ekonomi yang dari luar daerah datang ke kepulauan dalam rangka berbisnis. Jika dihitung setiap harinya, uang yang masuk kekepulauan kisaran Rp3 miliar. Artinya, ini bukan persoalan politik lagi melainkan bagaimana kepulauan ini benar-benar menjadi sentra ekonomi tersendiri,” harapnya.

Sebelumnya, PPK2S telah melakukan survei terhadap masyarakat di wilayah kepulauan terkait kebutuhan kepulauan menjadi kabupaten sendiri dan juga telah melakukan study banding ke dua kabupaten yang baru dimekarkan yakni kabupaten Sangahi Provinsi Sulawesi Utara dan Kabupaten Kepulauan Anambas Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) sebagai bahan acuan.

Survei pertama dan study banding itu mengenai apa saja yang harus dipersiapkan bagi wilayah yang akan dimekarkan. Hasil survei dan study banding itu tertuang dalam dokumen persiapan pemekaran wilayan kepulauan menjadi kabupaten kepulauan Sumenep.

“Kami belum bisa menargetkan kapan penyusunan dokumen ini bisa selesai karena kami terus menambah referensi yang harus disiapkan,” tukasnya. (arifin/choir)

Loading...
Advertisement
portalmadura'

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional