oleh

Lezat dan Gurih, Resep Sop Buntut untuk Hidangan Sahur

PortalMadura.Com – Sop buntut merupakan salah satu makanan favorit yang banyak peminatnya. Tidak heran, jika masakan yang satu ini sering diburu banyak orang terutama saat cuaca dingin untuk menghangatkan tubuh.

Selain itu, sop buntut kaya akan nutrisi dan kandungan protein, serta dalam sayurannya menjadi sajian yang nikmat lagi menyehatkan. Apalagi, jika dijadikan hidangan untuk menu sahur Anda, tentu bisa membuat penikmatnya tidak kelaparan di siang hari.

Berikut resep dan cara membuatnya:

Bahan-bahan:

1 kilogram buntut sapi, potong sesuai selera
2 liter air
2 sendok makan minyak atau margarine untuk menumis
3 buah kentang, kupas lalu potong wedge
4 buah wortel, kupas lalu memanjang (sekitar 5 centimeter)
5 batang daun bawang, cuci bersih lalu potong-potong sepanjang 5 centimeter
3 helai daun seledri, cuci bersih lalu masing-masing ikat

Bumbu:

1 sendok teh merica bubuk
1 butir pala, memarkan
9 siung bawang putih, memarkan
5 buah cengkeh
Gula secukupnya
Garam secukupnya
1 buah tomat merah, potong-potong (kasar)
5 centimeter kayu manis
Kaldu sapi

Bahan pelengkap:

Bawang goreng untuk taburan
Jeruk nipis
kerupuk

Cara membuat sop buntut:

Pertama, masak air hingga mendidih, lalu masukan daging yang sudah dicuci bersih. Masak selama 10-15 menit, angkat dan buang airnya. Kemudian, siapkan panci lainnya dengan air mendidih lalu masukan buntut, kayu manis serta cengkeh. Masak sampai air menyusut menjadi 1,5 liter, matikan kompor.

Sambil menunggu dingin, haluskan merica, garam, pala dan bawang putih, kemudian tumis hingga harum, angkat. Setelah itu, didihkan kembali buntut, masukan bumbu tumis ke dalamnya lalu aduk hingga semua larut.

Terakhir, masukan sayuran seperti kentang, wortel dan belakangan daun bawang, daun seledri dan tomat. Tambahkan gula, garam serta penyedap rasa secukupnya, aduk kembali sampai rata. Angkat.

Sop buntut siap dihidangkan. Nikmati dalam keadaan hangat dengan tambahan sambal kecap dan perasan jeruk serta kerupuk. (suara.com/Salimah)


Tirto.ID
Loading...

Komentar