Libatkan Keturunan Raja, Takmir Helat Haul Akbar Pendiri Masjid Jamik Keraton Sumenep

Avatar of PortalMadura.com
Libatkan Keturunan Raja, Takmir Helat Haul Akbar Pendiri Masjid Jamik Keraton Sumenep
Husen Satriawan

PortalMadura.Com, – Takmir Masjid Jamik Keraton Sumenep, Madura, Jawa Timur akan menggelar haul akbar pendiri masjid dalam momentum peringatan Muhammad SAW.

Kegiatan keagamaan itu, dijadwalkan, Kamis (30/11/2017) malam, yang bertepatan dengan tanggal 12 Rabiul Awal 1438 H dengan melibatkan masyarakat umum, Kiai, Ulama dengan target 1.000 jamaah.

“Selain itu, juga melibatkan para keturunan Raja-raja Sumenep. Dan haul ini, baru diadakan tahun 2017,” terang Ketua Takmir , Husen Satriawan, pada PortalMadura.Com, Rabu (29/11/2017).

Dijelaskan, untuk pengisi acara yakni ceramah agama menghadirkan tokoh dari Surabaya, Habib Ubaidillah bin Idrus Al-Habsyi. Dalam kegiatan ini, ada pawai taaruf yang akan diikuti anak-anak usia dini dari surau atau langgar pengajian yang ada di lingkungan kota Sumenep.

“Anak-anak usia dini itu, juga akan diberikan santunan. Sampai saat ini, baru ada 30 group yang sudah mendaftar,” terangnya.

Pihaknya, menyampaikan terima kasih kepada jamaah Masjid Jamik Keraton Sumenep dan masyarakat sekitar yang ikut berpartisipasi dalam rangka mensukseskan acara Maulid dan Haul Akbar Pendiri Masjid. “Kami berharap agar pemerintah peduli, serta bekerja sama untuk menjaga kemakmuran Masjid Jamik Sumenep,” tandasnya.

Masjid jamik Panembahan Somala atau lebih dikenal dengan sebutan Masjid Jamik Sumenep merupakan salah satu bangunan 10 masjid tertua dan mempunyai arsitektur yang khas di Nusantara.

Masjid Jamik Sumenep saat ini telah menjadi salah satu landmark di Pulau Madura. Dibangun Pada pemerintahan Panembahan Somala, Penguasa Negeri Sungenep XXXI, dibangun setelah pembangunan Kompleks Keraton Sumenep, dengan arsitek yang sama yakni Lauw Piango.

Dalam catatan sejarah Sumenep, Pembangunan Masjid Jamik Sumenep dimulai pada tahun 1779 Masehi dan selesai 1787 Masehi.

Bangunan ini merupakan salah satu bangunan pendukung Karaton, yakni sebagai tempat ibadah bagi keluarga Karaton dan Masyarakat, masjid ini adalah masjid kedua yang dibangun oleh keluarga keraton, di mana sebelumnya kompleks masjid berada tepat di belakang keraton yang lebih dikenal dengan nama Masjid Laju yang dibangun oleh Kanjeng R. Tumenggung Ario Anggadipa, penguasa Sumenep XXI.(Vivin/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.