oleh

Liburan Traveller Dengan Wisata Halal Akhir Tahun

Oleh : Hafifatul Masruroh & Robiatul Auliyah, S.E, M.SA*

Tak terasa kita telah menginjakkan diri di bulan Desember yang artinya bahwa penghujung tahun telah di depan mata dan tak terasa pula pergantian tahun pun hanya tersisa untuk menghitung hari saja.

Tahun baru di Indonesia kental dengan perayaan malam tahun baru dan berlibur ke tempat wisata seperti di pegunungan, wahana bermain dan juga yang tak kalah seru adalah berlibur ke pantai.

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari beribu – ribu pulau yang membentang dari Sabang hingga Merauke. Sehingga tak heran jika orang Indonesai lebih memilih dan senang untuk berlibur di sejumlah pantai di berbagai nusantara.

Keindahan alam di Indonesia tidak dapat diragukan lagi karena pamandangan yang disajikan sangat menakjubkan seperti tumbuhan menghijau yang asri sehingga dapat mampu memanjakan mata penikmatnya, dan pemandangan pantai yang indah nan eksotik yang merupakan ciri khas pantai Indonesia serta banyak tersedianya makanan khas daerah yang tak kalah nikmat lagi lezat.

Selain itu, Indonesia juga terkenal dengan jumlah umat muslim terbesar di dunia. Sebagai pemilik umat muslim terbesar, Indonesia sangat mendukung akan adanya halal life style dan kegiatan ekonomi syariah.

Untuk mengwujudkan dukungan tersebut pada bulan November lalu , Bank Indonesia (BI) bersama dengan berbagai lembaga pemerintahan di Indonesia mengadakan kegiatan ekonomi syariah yang bertaraf nasional dan internasional yakni Festifal Ekonomi Syariah (FeSyar) dan juga Indoensia Sharia Economic Festival (ISEF).

Acara tersebut dimeriahkan oleh beberapa artis ternama ibukota dan berbagai praktisi yang bergerak di bidang ekonomi serta para pelaku usaha industri ekonomi dan hiburan.

Dalam acara Fesyar 2019 yang bertempat di Surabaya pada salah satu talkshow yang bertema tentang “ Mudah dan Murah Berwisata Halal ” yang di meriahkan oleh beberapa pembicara diantaranya adalah Barry Kusuma, John Safenson dan Ibu Endah.

Salah satu pembicara tersebut mengatakan, yaitu Barry Kusuma yang merupakan seorang pembuat conten creator video dan pula seorang traveller.

Dia pun mengatakan bahwa, “Indonesia dinobatkan sebagai destinasi wisata halal terbaik di dunia yang diberikan oleh Global Muslim Travel Index (GMTI) dan berhasil mengalahkan pesaingnya yaitu Malaysia dan Uni Emirat Arab”.

Global Muslim Travel Index (GMTI) merupakan indeks paling komprehensif untuk mengukur kualitas dan kuantitas wisata halal di berbagai negara.

Indonesia terus memperbaiki dan berbenah akan destinasi wisata halalnya sehingga mampu mencapai target menjadi destinasi wisata halal terbaik di dunia dan berhasil mengalahkan negara – negara maju lainnya.

Perbaikan tersebut dapat dilihat dari segi pelayanan maupun sarana dan prasarana yang mendukung seperti hotel, tempat wisata, tempat ibadah dan kultur budaya masyarakat.

Loading...

GMTI pun juga menobatkan Lombok sebagai destinasi halal terbaik di Indonesia dikarenakan infrastruktur yang memadai, kemudahan jangkauan transportasi dan layanan fasilitas yang baik (seperti hotel, tempat ibadah dan makanan halal).

Lombok terkenal dengan sebutan daerah tempat 1000 masjid yang dikarenakan mayoritas penduduknya yang beragama Islam sehingga tak ayal akan banyak dijumpai masjid di daerah tersebut.

Kurang lebih dengan jarak 2 km akan dapat menemukan masjid untuk beribadah dan beristirahat sejenak untuk menghilangkan lelah yang ada.

Lombok banyak menawarkan tempat wisata alam dan pantai eksotis yang memiliki panorama alam nan indah. sebut saja seperti Gunung Rinjani, Taman Wisata Pusuk, Pantai Sengigi, Pantai Kuta Lombok, Pantai Tanjung Aan dan lain sebagainya yang tak kalah indah dan bagus.

Disamping itu, selain destinasi wisatanya yang indah dan eksotis, Lombok juga didukung oleh banyak didirikannya hotel berstandar syariah, mudah ditemukannya makanan halal yang nikmat serta kultur budaya masyarakat yang ramah nan agamis. Sehingga tidak perlu di ragukan lagi jika Lombok di nobatkan sebagai wisata halal terbaik di Indonesia dan dunia.

Dengan dinobatkannya Indonesia terlebih lagi Lombok sebagai tempat destinasi wisata halal terbaik di dunia, dapat membuka peluang untuk menarik minat wisatawan untuk berlibur dan berwisata baik wisatawan lokal dan mancanegera.

Disamping itu juga banyak keuntungan yang akan didapat seperti meningkatkan perekonomian masyarakat dan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Lombok serta membuka lapangan pekerjaan untuk warga sekitarnya.

Sedangkan keuntungan bagi wisatawan adalah akan memudahkan pilihan wisata yang indah nan agamis khususnya untuk keluarga muslim dan juga tidak perlu merasa khawatir terhadap tempat ibadah dan makanan halal.

Yang biasanya dikeluhkan oleh umat muslim ketika berwisata dan berlibur meskipun di dalam negeri. Serta dapat menambah daftar tempat berlibur tahun baru bersama dengan keluarga tercinta dan orang terkasih.

Terdapat beberapa tempat wisata lain yang menawarkan destinasi halal untuk berwisata dan berlibur di Indonesia diantaranya seperti Aceh, Sumatra Barat, Riau, Malang Raya, Jawa Tengah dan Makassar.

Dari beberapa tempat yang telah disebutkan bahwa daerah tersebut memiliki daya tarik dan daya pikat masing-masing sehingga banyak menawarkan wisata yang mengagumkan dan tentunya sesuai dengan kantong orang Indonesia.

Dan tak dapat dipungkiri lagi bahwa wisata Indonesia mampu bersaing dan mengalahkan wisata mancanegara di dunia. Serta tak perlu merasa malu jika hanya mampu berwisata dan berlibur tahun baru di dalam negeri karena yang di tawarkan dan di sediakan tak kalah saing dengan wisata yang ada di luar negeri.

*Penulis : Mahasiswa jurusan akuntansi di Universitas Trunojoyo Madura

Alamat: Jalan Raya Telang Kamal, Bangkalan.

“Redaksi PortalMadura.Com menerima tulisan opini, artikel dan tulisan lainnya yang sifatnya memberi sumbangan pemikiran pada kemajuan negeri ini. Dan semua isi tulisan diluar tanggung jawab Redaksi PortalMadura.Com.”

.
Editor : Putri Kuzaifah
Berita PortalMadura
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE