Lokasi Tidak Layak, Terminal Trunojoyo Akan Direlokasi

Avatar of PortalMadura.com
Lokasi Tidak Layak, Terminal Trunojoyo Akan Direlokasi
Terminal Trunojoyo Sampang (Foto: Rafi @portalmadura.com)

PortalMadura.Com, Sampang – Terminal Trunojoyo di Jalan Tengku Umar, Kelurahan Gunung Sekar, Kecamatan Kota Sampang, Madura, Jawa Timur, akan direlokasi.

Kepala Seksi Angkutan dan Keselamatan Jalan, Dinas Perhubungan (Dishub) Sampang, Arif Maulana menyampaikan, terminal Trunojoyo akan dipindah ke wilayah Desa Aeng Sareh, Kecamatan Kota yang sedang proses pembebasan lahan.

Dana untuk pembebasan lahan, kata Arif, bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021, yakni sebesar Rp. 8,4 miliar.

“Anggaran kami sesuaikan dengan permintaan harga tanah milik warga terdampak di Desa Aeng Sareh,” terangnya, Jumat (19/2/2021).

Kebutuhan lahan untuk relokasi pembangunan terminal Trunojoyo Sampang, pihaknya memprediksi mencapai 3 hektare luas tanah.

Tahapan pembebasan tanah, Arif mengaku telah melakukan lelang Feasibility Study (FS), pelaksanaan pekerjaan FS terminal, lelang appraisal, sosialisasi masyarakat, pelaksanaan appraisal, dan pengadaan tanah.

Baca Juga:  10 Muharam 1444 H, Momentum Santuni Anak Yatim

“Setelah kami melaksanakan sosialisasi dan kunjungan legislatif Jawa Timur, seluruh warga terdampak setuju,” tandasnya.

Rencana relokasi yang dilakukan Dishub Sampang karena lokasi terminal lama masuk kategori tidak layak berada di tengah perkotaan Sampang.

“Akses jalan bus angkutan sempit, dan lokasi terminal tepat di tengah kota,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.