Luar Biasa, Ini 7 Manfaat Sayur Kecipir yang Perlu Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.com
Luar Biasa, Ini 7 Manfaat Sayur Kecipir yang Perlu Anda Ketahui
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu sayur yang tumbuh merambat dan bisa dikonsumsi mulai dari daun, biji, umbi dan bunganya yaitu kecipir. Sayur kecipir merupakan tumbuhan tropis dan bisa hidup di seluruh Indonesia. Sehingga banyak ditemui dan disukai masyarakat.

Selain rasanya yang enak, kecipir juga mengandung asam folat yang luar biasa sehingga bagus untuk ibu hamil. Dalam 100 gram kecipir mentah mengandung energi 409 kkal, asam pantotenat 0,795 miligram, riboflavin 0,45 miligram, dan vitamin B6 0,175 miligram.

Berikut beberapa manfaat lain dari kecipir yang perlu Anda ketahui:

Meningkatkan Kekebalan Tubuh dan Anti Peradangan
Kecipir kaya akan vitamin C dan vitamin A. Mengkonsumsi kacang-kacangan ini membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan dengan demikian tubuh Anda tidak akan mudah kemungkinan infeksi dan penyakit. Vitamin C dalam kecipir berperan sebagai pelindung, penangkal penyakit dan menjaga tubuh Anda tetap sehat.

Mengonsumsi kecipir dapat membantu mengurangi peradangan. Sifat antioksidan yang dimiliki oleh mineral dalam kecipir bekerja untuk menghilangkan keseleo atau pembengkakan yang disebabkan oleh peradangan.

Hal ini dapat bermanfaat bagi orang yang menderita radang sendi, karena dapat membantu mengobati defisiensi superoksida dismutase (SOD) atau faktor yang menyebabkan peradangan tersebut.

Baca Juga: Sumenep Kekurangan 2.000 Surat Suara Pemilu 2019

Membantu Penurunan Berat Badan
Kecipir memiliki kandungan rendah kalori. Ia juga memiliki serat berlebih yang membantu penurunan berat badan yang sehat. Serat tinggi dan kalori rendah membantu membuat Anda merasa kenyang, sehingga mengurangi kemungkinan ngemil terus-menerus yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Meningkatkan Kesehatan Mata
Menurut penelitian, kandungan tiamin dalam kecipir diketahui dapat mencegah masalah terkait penglihatan. Konsumsi kecipir secara teratur membantu mencegah timbulnya masalah seperti glukoma dan katarak.

Tiamin memiliki kemampuan untuk meningkatkan pensinyalan otot dan saraf, yang sangat penting dalam hubungan antara mata dan otak Anda.

Bermanfaat bagi Kehamilan
Kecipir kaya akan sumber folat alami. Dengan mengonsumsi kecipir dengan porsi yang pas akan bermanfaat selama kehamilan. Hal ini karena kandungan kecipir dapat membantu mendukung persalinan yang sehat dan menghindari timbulnya cacat saraf pada bayi.

Dengan kandungan folat dan sumber zat besi yang tinggi dalam kecipir bermanfaat karena mengurangi risiko anemia pada ibu dan mencegah bayi lahir dengan berat badan rendah.

Mencegah Penuaan Dini
Kecipir menjadi antioksidan alami yang membantu mencegah membran sel diserang oleh radikal bebas yang menyebabkan kerusakan kulit.

Vitamin C dan vitamin A kecipir mencegah timbulnya penuaan dini dan melindungi kulit Anda dari keriput, noda, dan kerusakan akibat usia lainnya.

Dengan memperbarui sel-sel kulit, kandungan kecipir membantu dalam merawat kekencangan kulit yang mulai berkurang akibat penuaan dini.

Kecipir bersayap sangat baik untuk kulit Anda. kandungannya melindungi kulit Anda dari kerusakan eksternal maupun internal dan membuatnya tetap sehat.

Kandungan vitamin C tidak hanya membatasi timbulnya kerutan dan garis tetapi juga membantu pertumbuhan kolagen. Kandungan ini membantu menjaga elastisitas kulit Anda, sehingga melindungi kulit Anda dari keriput dan kendur.

Mencegah Diabetes
Penelitian telah mengungkapkan bahwa perpaduan antara vitamin D dan kalsium bermanfaatuntuk mencegah timbulnya diabetes. Proses ini berlangsung dengan mengoptimalkan metabolisme glukosa dalam tubuh Anda.

Kedua nutrisi ini secara langsung berdampak pada sel-sel pankreas, sehingga mengelola sekresi insulin dan kadar gula darah. Dengan menyeimbangkan kadar gula dalam darah Anda kecipir membantu mencegah timbulnya diabetes.

Mengobati Anemia
Kecipir menjadi sumber asam folat yang baik bagi tubuh. Kandungan folat yang terdapat pada kecipir membantu meningkatkan darah di tubuh Anda.

Konsumsi kecipir secara teratur bermanfaat untuk mengobati dan mencegah anemia. Mengkonsumsinya bersama dengan suplemen juga bermanfaat untuk meningkatkan kondisi stamina Anda.

Dikenal karena kandungan besinya yang tinggi, kecipir sangat bermanfaat untuk produksi darah.mengonsumsi kecipir dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh Anda sehingga membantu meningkatkan kadar sel darah merah yang rendah.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.