Makanlah Buah Apel Saat Sahur, Ini Alasannya

Avatar of PortalMadura.com
Makanlah Buah Apel Saat Sahur, Ini Alasannya
Ilustrasi (Magazine Job-Like)

PortalMadura.Com – Apel merupakan salah satu buah yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Buah ini cocok untuk dikonsumsi saat menjalani puasa Ramadan, khususnya di kala sahur. Karena, bisa menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

Sebagaimana penelitian menemukan bahwa serat dalam buah apel mampu menurunkan kadar kolesterol toal hingga 10% dan menaikkan kolesterol baik (HDL) hingga 10%.

Seringkali, orang akan banyak makan selama buka puasa dan sahur karena berpikir tidak akan makan dan minum dalam sekian jam lamanya. Pada akhirnya, orang akan cenderung makan-makanan tinggi kalori, berminyak dan berlemak sehingga kenyang betul.

Padahal, kolesterol dalam makanan-makanan ini bukan hanya menaikkan berat badan tapi juga meningkatkan kolesterol jahat sehingga dapat berisiko punya penyakit jantung.

Nah, dengan makan buah apel sebagai makanan penutup saat sahur, tubuh akan mampu menjaga kadar kolesterol tubuh, menjaga berat badan sekaligus mengenyangkan perut lebih lama.

Baca Juga : 5 Fakta Menarik Tentang Manfaat Buah Apel Bagi Tubuh

Sebuah penelitian dari Florida State University bahkan menemukan bahwa perempuan yang rutin makan apel setiap hari memiliki kadar kolesterol buruk 23% lebih rendah dari kadar pada umumnya dan memiliki HDL 4% lebih tinggi, setelah enam bulan.

Jadi, disarankan untuk membeli banyak buah apel selama Ramadan dan makanlah saat sahur (dan berbuka). Semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.