Malam Ini, 18 Tokoh Inspiratif Dapat Anugerah Sumenep Award 2017

  • Bagikan
Sumenep Award
KIRI, Hambali Rasidi dan Ahmad Masuni. FOTO Istimewa

PortalMadura.Com, Sumenep – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur akan memberikan penghargaan kepada 18 tokoh inspiratif, malam ini, Minggu (31/12/2017) di depan halaman Masjid Jamik Keraton Sumenep.

Penghargaan itu berupa “Anugerah Sumenep Award 2017”. “Pak bupati akan memberikan penghargaan kepada tokoh atau individu yang memberi efek inspiratif dan motivatif atas dedikasi yang digelutinya. Dengan harapan bisa berdampak positif bagi kemajuan pembangunan Kabupaten Sumenep,” terang Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, Ahmad Masuni, pada wartawan.

Anugerah Sumenep Award 2017 ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Sumenep. Ia berharap, menjadi kegiatan rutin tahunan dan bisa mencakup lebih luas dan banyak nominator yang disurvie.

“Tahun depan, semoga bisa lebih luas dan banyak nominator yang diperhatikan,” ujarnya.

Adapun nama-nama tokoh tersebut akan diumumkan bersamaan dengan pelaksanaan Maulid Nabi SAW dan Gema Selawat Seribu Hadrah bersama Ustadz Yusuf Mansur.

Sementara, Koordinator Tim Penilai Sumenep Award 2017, Hambali Rasidi, menjelaskan, tim penilai terdiri dari individu yang memiliki latarbelakang kapabilitas mumpuni untuk menilai nominator kategori tersebut.

Untuk parameter dan indikator penerima Sumenep Award, Hambali menyerahkan secara penuh kepada tim penilai kategori. Menurutnya, tim penilai kategori lebih mumpuni menilai nominator, karena ia memiliki latar belakang yang sudah tidak diragukan lagi.

“Saya hanya sebatas mengkoordinasi secara teknis. Tim penilai masing-masing kategori diberi kebebasan mencari nominator dan memilih siapa yang akan dipilih sebagai pemenangnya. Apa pun hasil pilihan tim penilai terhadap nominator kategori merupakan ijtihad keahlian yang bisa dipertanggungjawabkan sebagaimana hasil verifikasi lapangan yang sudah dilakukan,” tegasnya.

Hambali menyebutkan, sejak Juli 2017, diantara tim penilai sudah melakukan survie awal berupa pra wacana. Langkah itu diambil, kata Hambali, sebagai bentuk pengumpulan data awal sebelum menentukan tiga nominator di masing-masing kategori.

Baru sejak November 2017. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) sebagai penyelenggara kegiatan memberikan SK kepada tim penilai sesuai kategori. Pemberian SK tersebut berdasar SK Bupati Sumenep Nomor 188/683/KEP/435.012/2017 tentang Tim Pelaksana Pemberian Penghargaan Bagi Tokoh Berprestasi Tahun Anggaran 2017.

“Sejak dapat SK, dua puluh tim penilai melakukan verifikasi lapangan kepada tiga nominator setiap kategori. Lalu mensingkronkan data dengan petugas SOPD terkait sebagai pendamping dalam ajang Sumenep Award 2017. Dan finalisasinya, tim penilai bersama SOPD terkait memilih satu nominator sebagai penerima Sumenep Award 2017,” sambungnya.

Dan delapan belas kategori penerima Sumenep Award 2017 diberi SK oleh Bupati Sumenep KH A. Busyro Karim dengan nomor 733 tertanggal 28 Desember 2017.

Adapun 18 kategori itu meliputi;

Tokoh Pasukan Kuning

Tokoh Pelaku Wisata

Tokoh Pemuda Desa Wisata

Tokoh Kebudayaan

Tokoh Sastrawan

Tokoh Petani Inspiratif

Tokoh Penyandang Disabilitas

Tokoh Aktivis Lingkungan

Tokoh Pelestari Bahasa Madura

Tokoh Panutan Politik Bermatabat (kategori khusus)

Tokoh Pelaku Ekonomi Kerakyatan

Tokoh Wanita Inspiratif

Tokoh Aktivis Kesehatan

Tokoh Tenaga Kesehatan

Tokoh Agama (kategori khusus)

Tokoh Guru Ngaji

Tokoh Pencipta Logo Sumekar (kategori khusus)

Tokoh Peduli Pendidikan Wilayah Kepulauan

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.