Malas Melandamu? Lakukan 5 Hal Ini Agar Kreatifitas Anda tidak Menurun

Avatar of PortalMadura.Com
Malas Melandamu Lakukan 5 Hal Ini Agar Kreatifitas Anda tidak Menurun
ilustrasi

PortalMadura.Com – Kebanyakan orang memang memiliki kreatifitas yang tinggi dan juga konsisten dalam mendalami minatnya. Namun juga tak jarang orang-orang lebih enak bermalas-malasan dan tidak mengembangkan kreatifitasnya sehingga dirinya pun tidak berkembang.

Sebenarnya banyak hal yang bisa membuat semangat dan kreatifitas menurun. Seperti pekerjaan, permasalahan keluarga dan pertemanan, serta dari dalam diri sendiri. Namun sebenarnya hal tersebut terjadi karena kita sendiri hanya kurang termotivasi, dan itulah yang membuat kita malas untuk berkembang.

Untuk menjaga ide kita tetap mengalir serta api kreatifitas kita tetap menyala, mari kita simak caranya berikut ini.

Terus mencari

Terkadang kita berada dalam kondisi rutin, di mana otak kita beraktivitas dalam rutinitas yang sama setiap sat. Hal ini membuat kita tak lagi tajam dalam mengamati sesuatu.

Paksa diri kita untuk terus melihat hal-hal baru. Bagaimana caranya? Cobalah melihat lingkungan, amati semua sudut, bentuk, warna, dan bayangan yang mungkin tidak diperhatikan sebelumnya. Lakukanlah sebuah observasi, mengapa ini begini, dan mengapa ini begitu. Saat melakukan ini, Anda akan menyadari hal menarik dalam kehidupan sehari-hari yang luput diperhatikan oleh kebanyakan orang. Selain itu, hal ini juga melatih daya kreatifitas.

Melihat melalui dunia fotografi

Manfaatkan kamera smartphone yang Anda pegang untuk mengambil gambar-gambar menarik yang Anda temui. Pikirkan cara bagaimana Anda akan menggunakan hasil jepretan itu untuk menciptakan sebuah karya yang terinspirasi dari hal tersebut. Ambil semua hal yang menurut Anda menarik dan gunakan kesenangan ini untuk mendapatkan inspirasi.

Kembali menjadi anak-anak

Bermain adalah hal yang penting bagi kreativitas. Jika Anda selalu merasa stres, satu hal yang bisa dilakukan adalah keluar dari lingkungan tersebut. Ambil sepeda, jalan ke taman atau kunjungi taman bermain. Bersenang-senanglah dan nikmati kehidupan. Hal ini akan membawa energi positif yang bisa Anda gunakan untuk berkreasi.

Selain itu, logika anak-anak juga bisa Anda pakai. Anak-anak selalu bertanya hal-hal yang mereka temui tanpa takut salah atau dihakimi. Tanyakanlah apapun yang menurut Anda menarik dan gunakan hal tersebut sebagai bahan pengamatan Anda dan sumber ide.

Kelilingi diri Anda dengan orang kreatifi lainnya

Kelilingilah diri Anda dengan orang kreatif. Tentu banyak orang kreatif di sekitar Anda. Apakah itu musisi atau orang yang sangat suka mencoba berbagai macam bumbu di dapur untuk menjadi chef. Buka pikiran Anda tentang kegiatan mereka dan belajar dari mereka.

Orang yang kreatif akan membagi kreatifitasnya dengan yang lain. Hal ini bisa membantu memecahkan masalah dan melewati rasa takut. Orang yang kreatif cenderung saling mendukung satu sama lain, sehingga terus bekerja sama dan menciptakan sesuatu yang menarik adalah hal yang sangat umum di kalangan insan kreatif.

Luangkan waktu untuk membuat jurnal

Dokumentasikan semua pengalaman Anda melalui kata-kata. Buat daftar, tandai hal-hal lucu dan catat kehidupan di kertas, blog, sosial media, atau media lain yang kini sudah melimpah. Biarkan kata-kata mengalir dan jangan menulis hanya karena ingin dibaca orang.

Mengingat Sekarang kita hidup di dunia digital, akan sangat bagus jika kita mencatatnya di kertas dan gunakan pulpen untuk meningkatkan semangat kreatifitas.

Itulah 5 hal untuk mengasah kreatifitas anda tetap berkembang. Mari kita hilangkan kemalasan dalam diri, mulai lah berkarya, mulai lah untuk membentuk sesuatu yang baru dan beranilah berkreasi, jangan biarkan kemalasan menggerus kreatifitasmu sehingga kamu tak dapat mengembangkan masa mudamu. semoga bermanfaat guys. (merdeka.com/Anek)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.