Umat Muslim, Ini Tips Rasulullah SAW untuk Menjaga Lisan Ketika Marah

Avatar of PortalMadura.Com
Umat Muslim, Ini Tips Rasulullah SAW untuk Menjaga Lisan Ketika Marah
ilustrasi

PortalMadura.Com – Manusia memang tidak luput dari kesalahan, apalagi ketika emosi yang tidak terkontrol. Pasti sering terjadi perkataan yang tidak menyenangkan hati. Banyak yang tersakiti akibat perkataan yang kita ucapkan baik disengaja maupun tidak disengaja. Bahkan bukan hanya ketika emosi saja, orang yang tidak emosi pun bisa menyinggung perasaan orang lain.

Rasulullah SAW. bersabda yang artinya:

Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhirat, maka hendaklah ia baik atau diam, barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhirat, maka hendaklah ia memuliakan tetangga dan barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhirat, maka hendaklah ia memuliakan tamunya”.(Bukhari no 6018, Muslim no. 47)

Dalam hadis diatas kita telah mengetahui, bahwa orang yang beriman ialah orang yang bisa menjaga lisan atau perkataannya, jika ia tidak bisa berkata baik maka sebaiknya ia diam. Bukan hanya perkataan saja yang dibahas di hadis ini melainkan kita juga harus memuliakan tetangga dan tamu. Masya allah, ajaran agama islam sungguh sangat sempurna dan mendamaikan.

Tips dari Rasulullah SAW. menjaga lisan/perkataan ketika sedang marah berikut ini:

Membaca Ta'awudz

Rasulullah SAW. Bersabda “Ada kalimat kalau diucapkan niscaya akan hilang kemarahan seseorang, yaitu A'udzu billah minasy syaithaanir rajim.”( HR. Bukhari Muslim).

Berwudhu

Rasulullah SAW. bersabda,“kemarahan itu dari setan, sedangkan setan tercipta dari api, api hanya bisa padam dengan air, maka kalau kalian marah berwudhulah.”( HR. Abu Daud).

Mengubah Posisi

Dalam hadis dikatakan,”kalau kalian marah maka duduklah, kalau tidak hilang juga maka bertiduranlah.”(HR. Ahmad)

Diam

Dalam sebuah hadits dikatakan,“Ajarilah (orang islam), mudahkanlah, jangan mempersulit masalah, kalau kalian marah maka diamlah.”(HR. Ahmad).

Bersujud

artinya salat sunah minimal dua rakaat. Dalam sebuah hadits dikatakan “Ketahuilah, sesungguhnya marah itu bara api dalam hati manusia. Tidaklah engkau melihat merahnya kedua matanya dan tegangnya urat darah di lehernya? Maka barang siapa yang mendapatkan hal itu, maka hendaklah ia menempelkan dahinya dengan tanah (sujud).”(HR. tirmidzi).

Itulah tips yang diajarkan Rasululah SAW. Ketika kita sedang marah, semoga kita termasuk orang yang bisa dan terhindar dari perbuatan yang di benci Allah. Pada intinya manusia memang tak luput dari kesalahan tapi kita sebagai manusia harus bisa bagaimana meminimalisir serta mencegah terjadinya kesalahan. Sabar selalu dalam menghadapi segala sesuatu, Karena Allah selalu bersama umatnya yang sabar. semoga bermanfaat, Amin. (islampos.com/Anek)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.