Manfaat dan Bahaya Penggunaan Korset Hamil: Apa yang Perlu Anda Ketahui?

Avatar of PortalMadura.com
Manfaat dan Bahaya Penggunaan Korset Hamil
Manfaat dan Bahaya Penggunaan Korset Hamil

PortalMadura.com-Penggunaan umumnya digunakan oleh para ibu pasca melahirkan untuk membantu memperbaiki postur tubuh dan meredakan nyeri setelah melahirkan. Namun, tahukah Anda bahwa kini terdapat korset khusus untuk ibu hamil?

Korset untuk ibu hamil berfungsi sebagai penyangga perut untuk menopang agar terasa nyaman di masa kehamilan. Namun, apakah penggunaannya aman untuk kehamilan?

Manfaat Penggunaan Korset Hamil

Bagi para ibu hamil, terutama bagi mereka yang sedang hamil anak kembar, penggunaan korset hamil dapat menjadi alternatif untuk membantu meringankan beban perut dan nyeri pinggang. Selain itu, ada manfaat lainnya yang bisa membantu para ibu hamil dengan rutin menggunakan korset saat hamil, yaitu:

  1. Mengurangi Rasa Sakit

Hamil mungkin menjadi idaman bagi sebagian wanita, namun prosesnya tidak selalu menyenangkan. Rasa sakit pada punggung dan panggul seringkali dialami oleh para ibu hamil. Hal ini dikarenakan sulitnya untuk duduk atau berjalan saat hamil.

Namun, penggunaan korset khusus untuk ibu hamil dapat membantu meredakan rasa sakit tersebut, seperti yang dilaporkan oleh Journal of Pregnancy.

  1. Memperbaiki Bentuk Tubuh

Tujuan utama dari korset adalah memperbaiki bentuk atau postur tubuh, termasuk korset untuk ibu hamil. Ketika hamil, para ibu memiliki beban berlebih di bagian depan tubuh yang dapat menyebabkan tubuh menekuk ke belakang.

Dengan penggunaan korset hamil, tekanan pada punggung bagian bawah dapat dikurangi, sehingga membantu memperbaiki postur tubuh.

  1. Membuat Lebih Nyaman

Korset hamil juga bertujuan untuk membuat ibu hamil merasa lebih nyaman saat beraktivitas. Dengan menggunakan korset, ibu hamil dapat merasa lebih nyaman dalam bergerak.

Bahaya Penggunaan Korset Hamil

Meskipun memiliki manfaat, penggunaan korset hamil juga memiliki beberapa bahaya yang perlu Anda ketahui. Berikut adalah bahaya penggunaan korset hamil:

  1. Melemahkan Otot Pinggang

Penggunaan korset hamil tak boleh lebih dari tiga jam per hari. Hal ini guna mencegah otot-otot pinggang melemah yang berujung pada kesulitan saat proses melahirkan.

  1. Berdampak pada Perkembangan Janin

Penggunaan korset hamil secara berlebih dapat berdampak pada perkembangan janin. Tekanan berlebih dari korset bisa menyebabkan efek negatif pada janin dan tekanan darah dikarenakan sirkulasi darah yang terganggu.

Sebagai ibu hamil, penting untuk bijak dalam menggunakan korset hamil. Konsultasikan dengan bidan atau dokter spesialis kandungan terlebih dahulu sebelum menggunakan korset hamil. Ingat, penggunaan korset hamil hanya boleh dilakukan selama tiga jam per hari agar tidak berdampak buruk pada otot pinggang dan perkembangan janin.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.