oleh

Mantan Ketua KPK: Pusat Regenerasi Terbesar Adalah Pondok Pesantren

PortalMadura.Com, Pamekasan – Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Dr. M. Busyro Muqaddas menyampaikan bahwa generasi bangsa Indonesia harus diselamatkan dari penyakit. Mulai penyakit sosial, agama dan penyakit lainnya yang dapat merusak kekokohan Negara.

Hal itu disampaikan saat menjadi pemateri dalam acara Pekan Ngaji 4 di Pondok Pesantren Bata-Bata Pamekasan, Madura, Jawa Timur, dengan tema “Islam dan Kebangsaan; Transformasi Gagasan dan Praktik Politik Islam di Indonesia”, Senin (14/1/2019).

“Salah satu pusat regenerasi terbesar adalah pondok Pesantren, khususnya Santri Bata-Bata, ” katanya seraya disambut tepuk tangan ribuan santri.

Menurutnya, perubahan paradigma berpolitik bangsa Indonesia merupakan hal yang sangat penting guna memajukan demokrasi yang sehat. Sebab, bangsa ini terkadang salah dalam mengartikan politik lantaran tidak adanya model politik. Bahkan terkadang gara-gara politik mengakibatkan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

“Dalam Surah Ar-ra’du Allah berfirman, bahwa Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum kecuali mereka merubah diri mereka sendiri. Semoga kita semua sukses bertauhid, beramal saleh, dan khusnul khotimah,” pungkasnya. (Marzukiy/Anek)



Dapatkan Aplikasi PortalMadura.com

aplikasi portal madura
spt tahuna