Mapalawirasta dan IDK Unija Sumenep Tanam Terumbu Karang di Pulau Gili Labak

Avatar of PortalMadura.Com
Mapalawirasta dan IDK Unija Sumenep Tanam Terumbu Karang di Pulau Gili Labak
Mapalawirasta dan IDK Unija Sumenep

PortalMadura.Com, – Unit kegiatan mahasiswa (UKM) dan Ikatan Duta Kampus (IDK) Universitas Wiraraja () Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur yang diwakili Duta Lingkungan (DL) melakukan bakti sosial berupa penanaman terumbu karang di Pulau Gili Labak, Sumenep.

Mereka berangkat dari Pelabuhan Tanjung, Saronggi menggunakan kapal tongkang. Selama perjalanan laut, mereka juga diajarkan cara memelihara dan menanam terumbu karang yang benar. Tujuannya, agar mahasiswa dan masyarakat sadar akan pentingnya menjaga ekosistem wisata Sumenep. Kegiatan itu, merupakan rangkaian kegiatan Dies Wiraraja ke-31 tahun 2017.

“Terumbu karang di Gili Labak banyak yang rusak, akibat perbuatan oknum yang tidak bertanggung jawab. Kegiatan ini sebagai wujud dukungan dari Wiraraja untuk Visit Sumenep 2018,” kata Qodri selaku Ketua Dies Natalis Wiraraja tahun 2017, dalam siaran persnya, Senin (30/10/2017).

Mereka menanam bibit terumbu karang ke dasar laut dengan cara bersnorkeling. “Ini merupakan tantangan buat kami, sekaligus menambah kecintaan kami terhadap alam,” ujar Yuyun dengan nama alam Aceng yang merupakan anggota Mapalawirasta.

Semntara, Duta Lingkungan Wiraraja juga memperkenalkan pulau Gili Labak kepada masyarakat dan calon Duta Lingkungan periode selanjutnya melalui video yang dibuatnya di lokasi destinasi wisata unggulan Pemkab Sumenep itu.

“Semoga Duta Lingkungan selanjutnya bisa menindaklanjuti penanaman terumbu karang ini, dan masyarakat ikut berpartisipasi menjaga agar ekosistem laut tetap terjaga,” imbuh salah seorang Duta Lingkungan Wiraraja, Husnul.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.